IDEN
KNKS Dukung 4th AIFC Kemenkeu
24 July 2019

SURABAYA, KNKS – Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) turut menyelenggarakan bersama BKF Kemenkeu acara 4th Annual Islamic Finance Conference (AIFC) dengan tema yang diangkat adalah Blending Islamic Finance and Impact Investing for the SDGs, di Hotel JW Marriott, Surabaya, tanggal 24 dan 25 Juni 2019.

AIFC merupakan rangkaian acara seminar dan konferensi internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Acara ini dihadiri oleh para pembuat kebijakan, ekonom, akademisi dan pelaku industri untuk berdiskusi berbagai isu ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Hadir dalam acara ini Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, General Direktur Islamic Development Bank (IsDB) Wahid Abdelwahab, Representatif United Nation of Development Programme (UNDP) di Indonesia Christophe Bahuet, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Mohammad Nuh, Rektor Universitas Airlangga (Unair) Mohammad Nasih, dan Direktur Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Ayu Sukorini.

“Dalam forum diskusi ini yang diangkat adalah bagaimana keuangan syariah dan impact-investing secara bersama-sama diterapkan untuk mencapai pembangunn berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” kata Ayu dalam pidato pembukaan acara.

Ayu mengatakan pemerintah dalam mengambil keputusan harus berdasarkan pada riset. “Harapannya diskusi berjalan dengan produktif dan nantinya bermanfaat untuk negara,” Kata Ayu.

Selain Ayu, Emil juga memberikan pidato dalam acara pembuka. Dalam pidatonya, Emil mengatakan sinergi para stakeholder sangatlah penting untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. “Harus ada sinergi yang baik untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia,” Ujar Emil.

Hadir dalam acara ini jajaran Manajemen Eksekutif KNKS, yaitu Direktur Eksekutif KNKS Ventje Raharjo dan Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah Sutan Emir Hidayat. Dalam acara ini Ventje memberikan pidato pembuka di hari kedua, sedangkan Emir merupakan ketua diskusi rangkaian acara Panel Sesi 2 yang mengangkat tema Islamic Finance for Impact Investing: Opportunity and Challenges.

Penulis: Ishmah Qurratu’ain
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya