IDEN
KNKS Bertemu dengan Ketua BPS Bahas Ekonomi Syariah
09 July 2019

JAKARTA, KNKS – Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) bertemu dengan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

KNKS diwakilkan oleh Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Afdhal Aliasar, Direktur Pendidikan dan Riset Sutan Emir Hidayat, serta Direktur Hukum, Promosi dan Hubungan Eksternal Taufik Hidayat.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk diskusi mengenai sinergi KNKS dengan BPS dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. “Harapannya BPS dapat mendukung KNKS dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Fungsi BPS adalah dalam mendukung penyediaan dan analisis data statistik yang berhubungan dengan ekonomi dan keuangan syariah,” kata Taufik.

BPS berperan penting melalui pengukuran indikator kinerja ekonomi syariah. "BPS memiliki peran strategis dalam hal formulasi metodologi yang tepat di bidang pendataan dan pengukuran data ekonomi. BPS dapat bekerjasama dengan KNKS untuk menghasilkan indikator-indikator pembangunan di bidang ekonomi syariah” ujar Afdhal. "Keakuratan data merupakan suatu hal yang penting dalam semua bidang, tak terkecuali bidang ekonomi syariah, sampai saat ini Indonesia belum punya cara untuk mengukur indikator ekonomi syariah, dan kita tidak mungkin melepas diri dari BPS terkait ini," ujar Emir menguatkan.

Penulis: Ishmah Qurratu’ain
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

 

Berita Lainnya