IDEN
Pembiayaan Sindikasi Syariah Onshore Terbesar di Indonesia dalam USD
11 Maret 2022

Pada Jumat (4/3) lalu, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) dan PT Bank Permata Tbk - Unit Usaha Syariah (UUS) melakukan kerja sama berupa pembiayaan syariah secara sindikasi sebesar USD231,9 juta kepada PT Armada Gema Nusantara (PT AGN) untuk dimanfaatkan perusahaan dalam memperkuat struktur pendanaan perusahaan. Pembiayaan sindikasi ini menjadi pembiayaan syariah onshore terbesar di Indonesia dalam mata uang USD.

PT AGN merupakan pemilik dan operator kapal tanker Floating Production Storage and Offloading yang beroperasi di Lapangan BD Selat Madura, wilayah yang memiliki peranan dalam memasok gas di provinsi Jawa Timur. Pembiayaan syariah tersebut menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) dengan skema refinancing dari perbankan luar negeri. PT SMI selaku Mandated Lead Arranger and Bookrunner memiliki porsi pembiayaan sebesar USD150 juta, sementara UUS Bank Permata selaku Arranger sebesar USD81,9 juta.

Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sebagai katalisator penguatan dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia sangat menyambut baik kerja sama pembiayaan sindikasi ini. Direktur Eksekutif KNEKS, Ventje Rahardjo, menyampaikan bahwa industri keuangan syariah secara bertahap menunjukkan kapasitasnya dalam memberikan corporate financing dan infrastructure financing dengan skala pembiayaan besar. Kondisi ini memberikan posisi Lembaga Keuangan Syariah sebagai aktor Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus kontributor dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia.

Pada acara penandatanganan fasilitas pembiayaan di kantor SMI (4/3), Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Sylvi J. Gani, menyampaikan bahwa financial close ini merupakan perwujudan komitmen PT SMI untuk mendukung kemajuan ekonomi syariah di Indonesia yang memiliki potensi ruang tumbuh sangat besar. Pemberian fasilitas pembiayaan syariah kepada PT AGN diharapkan menjadi langkah awal bagi pembiayaan syariah berikutnya di sektor minyak dan gas di Indonesia.

Direktur Unit Usaha Syariah PT Bank Permata Tbk, Herwin Bustaman, menegaskan bahwa PermataBank Syariah akan terus mendorong pembiayaan korporasi yang sejalan dengan arahan pemerintah agar terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, sekaligus menjadi ecosystem partner bagi para nasabah.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Armada Gema Nusantara, Agumg Priyo Sembodo, menyampaikan bahwa pemberian fasilitas pembiayaan oleh Lembaga Keuangan Syariah ini menjadi salah satu parameter nyata atas bangkitnya keuangan syariah di Indonesia, khususnya di masa pandemi. Hal tersebut diharapkan menjadi angin segar bagi perkembangan bisnis di Indonesia.

Penulis: Ziyan Muhammad Farhan, Yosita Nur Wirdayanti
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya