IDEN
Langkah Kominfo dalam Mendukung Literasi Ekonomi Syariah
21 July 2023

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berdiskusi dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tentang penyusunan Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Ekonomi dan Keuangan Syariah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (20/7) di Kantor Kominfo, Gedung Midpoint Place. 

Audiensi tersebut dilakukan sebagai bentuk kerja sama dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui kegiatan literasi, publikasi dan implementasi ekonomi syariah.  

Dalam pertemuan ini turut hadir Boni Pudjianto selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika, Nyoman Adhiarna selaku Direktur Ekonomi Digital, Kiki Ameliah  selaku Koordinator Literasi Digital, Sutan Emir Hidayat  selaku Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS, dan Inza Putra selaku Kepala Divisi Promosi dan Hubungan Kerjasama Strategis KNEKS. 

Boni Pudjianto menjelaskan bahwa ekonomi dan keuangan syariah Indonesia dapat didukung melalui salah satu program Kominfo, yaitu Literasi Digital Nasional. Program ini bertujuan untuk mengembangkan literasi dan kecakapan digital masyarakat dalam berbagai platform digital. Terdapat 4 (empat) pilar utama Literasi Digital Nasional Kominfo, yaitu Digital Skills, Digital Safety, Digital Culture, dan Digital Ethics. 

Selanjutnya Boni mengatakan bahwa Kominfo sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan KNEKS dalam kegiatan literasi dan publikasi ekonomi syariah. 

“Sejauh ini ekonomi syariah dapat masuk ke ekonomi digital. Kominfo memiliki 18 (Delapan Belas) partner yang berpeluang menjadi strong point partner bagi Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Ekonomi dan Keuangan Syariah, salah satunya yaitu Siberkreasi. Selain itu Gerakan Nasional Literasi Digital juga dapat membantu mengawal literasi dan membantu pengadaan konten,” kata dia. 

Direktur Ekonomi Digital Nyoman Adhiarna kemudian menuturkan bahwa Direktorat Ekonomi Digital Kominfo memiliki beberapa program, seperti Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 dan Inkubasi Bisnis bagi UMKM.  

“Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 dan Inkubasi Bisnis bagi UMKM dapat ikut mendorong ekonomi syariah. UMKM berkontribusi dalam perekonomian nasional dan memiliki potensi yang cukup besar bagi industri jasa keuangan, khususnya terhadap bank syariah dalam rangka mempermudah penyaluran kredit dengan terus meningkatkan tingkat pembiayaan UMKM,” ujarnya. 

Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS menanggapi Boni Pudjianto terkait 4 (empat) pilar utama Literasi Digital Nasional Kementerian Kominfo.  

“Mengacu pada 4 pilar Kominfo, literasi ekonomi syariah ini dapat termasuk ke dalam Digital ethics dan Digital Safety,” ungkap Emir. 

Emir berharap Kominfo dapat memberikan dukungan berupa kerja sama untuk meningkatkan literasi digital sekaligus ekonomi syariah melalui publikasi  baik melalui artikel website maupun konten media sosial. 

Penulis: Iris Listyajaya Buwono, Stefany
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya