IDEN
Indonesia dan Malaysia Sepakat Kolaborasi Sukseskan WIES 2023 di Padang
10 July 2023

Penang, KNEKS - Pameran bergengsi berskala internasional Penang International Halal Expo & Conference (PIHEC) 2023 digelar kembali dari tanggal 23-25 Juni di Spice Rooftop and Garden, Penang, Malaysia. Secara resmi PIHEC dibuka oleh Ketua Menteri Penang Chow Kon Yeow dan sambutan secara daring oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. 

Hadir pula mewakili Indonesia, Direktur Industri Produk Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Afdhal Aliasar menjadi narasumber pada sesi diskusi dengan tema Global Economic Outlook: Catalysing Halal Growth in a Fragmented World. Turut hadir Mr. Mercelo Hildago Valdes (President CAMCHIMAL), Mr. Mirza Vejzagic (Malaysia-Bosnia & Herzegovina Bussiness Council) dan Mr. Fazil Irwan Som (CEO PHI) sebagai moderator.  

Sesi diskusi tersebut membahas Industri halal global yang diperkirakan akan terus meningkat pada tahun 2030 seiring dengan pertumbuhan populasi muslim secara global. Kolaborasi, inovasi dan promosi produk halal merupakan strategi yang paling diandalkan.  

Menurut Afdhal, Penang Halal International Expo & Conference 2023 merupakan kegiatan penting tempat bertemunya para pelaku industri halal termasuk pemangku kebijakan untuk melakukan kolaborasi dan mempromosikan produk-produk halal unggulan dalam skala global.  

“Kolaborasi yang akan dilakukan Indonesia diantaranya adalah mendekatkan pengusaha dan saudagar industri produk halal Indonesia dan menyukseskan acara World Islamic Entrepeneur Summit (WIES) yang akan dilaksanakan pada bulan September 2023 di Padang, Sumatera Barat.” Tandasnya. 

Kesepakatan kerja sama Penang International Halal (PIH) dengan BPPD Sumbar, antara lain dalam bidang pemasaran dan promosi bersama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). WIES 2023 merupakan sebuah platform yang akan mempertemukan para pemangku kebijakan, akademisi, pelaku industri, pengusaha muslim dan asosiasi industri pariwisata dalam rangka memberdayakan ekonomi dan kolaborasi bisnis di era digital. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan pada 6 hingga 9 September 2023 mendatang. 

PIHEC merupakan event tahunan yang telah digelar sejak 2008, sebelumnya bernama Penang International Halal Hub dengan visi menjadi mitra pembangunan utama dalam mengembangkan ekosistem bisnis Halal yang berkelanjutan di Malaysia. Ketua Komite Pengembangan Perdagangan, Industri dan Kewirausahaan Penang, Datuk Abdul Halim Hussain menyebut PIHEC ke-12 kali ini menyiapkan ratusan booth yang menarik 20.000 pengunjung dari ratusan delegasi dunia. 

“Ada 351 booth yang disiapkan untuk acara tahunan ke-12 ini dan juga 400 delegasi dari negara-negara seperti China, Chili, Spanyol, Indonesia dan Vietnam. Selain itu juga akan ada negara bagian lain yang bergabung dengan kami yaitu Selangor, Negeri Sembilan, Kelantan dan Kedah,” katanya. 

Selain pameran produk halal internasional, PIHEC juga mengadakan konferensi yang mencakup 4 topik utama, yaitu Prospek Industri Halal, Logistik di Asean, Peran Wanita di Sektor Halal serta topik Masa Depan Inovasi Teknologi di Sektor Halal. 

Penulis: Marini Sayuti
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya