IDEN
Langkah Bijak Memaksimalkan Literasi Ekonomi Dan Keuangan Syariah di Riau
23 June 2023

Pekanbaru, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkolaborasi dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Riau dan Bank Indonesia menyelenggarakan Sosialisasi Literasi Edukasi buku Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sosialisasi Training of Trainers (ToT) Guru Pelopor Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah pada Rabu-Kamis (21-22/6) di Gedung BRK, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Rabu-Kamis (21-22/6).  

Gubernur Riau diwakili Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, M. Job Kurniawan meresmikan acara yang dalam sambutannya menyampaikan terkait perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. 

“Kegiatan ini diharapkan memaksimalkan penyebaran informasi perkembangan ekonomi dan keuangan syariah terkini serta pengetahuan kepada masyarakat. Adanya literasi edukasi buku Paud ini dapat memperkenalkan kepada orang tua bagaimana mengedukasikan kepada anak usia dini secara general dan ringan mengenai ekonomi dan keuangan syariah. Selain itu, dengan diserahkan ToT Guru Pelopor Ekonomi Syariah dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru pendidik dalam bidang ekonomi syariah,” katanya menjelaskan. 

Selanjutnya, Sutan Emir Hidayat menyampaikan dalam sambutannya terkait pengembangan SDM sektor ekonomi dan keuangan syariah.  

“Dalam rangka pengembangan SDM sektor ekonomi dan keuangan syariah di sekolah menengah, KNEKS telah menyelesaikan Rekomendasi Kebijakan Diversifikasi Kurikulum Kompetensi Dasar Ekonomi Syariah untuk Sekolah Menengah. KNEKS juga telah bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam menyusun buku literasi ekonomi dan keuangan syariah untuk anak usia 5-9 tahun yang disebut Fiki dan Lala the Series,” ujar Emir.  

Abdul Rasyid Suharto Pua Upa selaku Wakil Direktur Eksekutif KDEKS Riau dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak KNEKS karena telah menggaungkan kegiatan sosialisasi ekonomi syariah ini di Provinsi Riau.  

Program Sosialisasi Buku Literasi Pendidikan Anak Usia Dini dengan tema Keuangan Syariah merupakan kegiatan sosialisasi dengan menghadirkan beberapa narasumber dari industri syariah yang akan memberikan informasi mengenai perkembangan keuangan syariah terkini serta pengetahuan kepada anak usia dini dan juga orang tua mengenai edukasi dasar keuangan syariah. Harapannya agar orang tua dapat menjelaskan secara general dan ringan mengenai ekonomi dan keuangan syariah.  

Program Sosialisasi Training of Trainers (ToT) Guru Pelopor Ekonomi Syariah merupakan rangkaian kegiatan yang berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru dan tenaga pengajar dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah. Harapannya agar dapat meningkatkan akses peserta didik terhadap ilmu ekonomi syariah dan pembentukan budaya dan praktek ekonomi syariah di sekolah.  

Pelaksanaan ToT Guru Pelopor Ekonomi Syariah ini membahas 3 (tiga) modul, yakni modul pertama terkait Prinsip Dasar Ekonomi Syariah, modul kedua tentang Fiqh Muamalah, Usul Fiqh, dan Kaidah Fiqhiyah, serta modul ketiga terkait Prinsip Dasar dan Praktik Industri Keuangan Syariah. 

Penulis: Nurul Aini, Stefany
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya