IDEN
Pengukuhan KDEKS Sumatra Utara
11 April 2023

Medan, KNEKS - Pada Senin (10/4), Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumut dalam upaya membangun kedaulatan finansial dan perekonomian masyarakat. Pengukuhan KDEKS Sumut diselenggarakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan. 

Struktur Organisasi KDEKS Sumut yang dikukuhkan antara lain Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah selaku Wakil Ketua, Sekretaris Sekdaprov Sumut Arief Sudarto Trinugroho selaku Sekretaris, Direktur Eksekutif Ritha Fatimah Dalimunthe, Wakil Direktur Eksekutif Azizul Kholis, Kepala Sekretariat Ismail Nasution, serta para Direktur Khusus dan jajaran pengurus lainnya.  

Secara kelembagaan, KDEKS Sumut diketuai langsung oleh Gubernur Sumut. KDEKS Sumut juga memiliki anggota yang terdiri dari Pimpinan Instansi Vertikal dan pimpinan lembaga, serta organisasi yang berhubungan dengan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. 

Gubernur Edy Rahmayadi menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengurus KDEKS Sumut untuk memberikan prioritas dan memberikan kontribusi untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Sumatra Utara. 

Dalam sambutannya, Gubernur Edy Rahmayadi menyatakan bahwa perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sumut sudah cukup baik. Meski demikian, dia pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sumut sangat perlu ditingkatkan lagi. Hal itu bertujuan agar ekonomi ummat lebih kuat dan Sumut menjadi lebih bermartabat. 

"Peran bapak dan ibu dan saudara-saudari sekalian sangat diharapkan mampu membangkitkan ekonomi syariah di Sumatra Utara menjadi yang terdepan di Indonesia," ujar Gubernur Edy Rahmayadi kepada pengurus KDEKS Sumut. 

Dia menyebutkan, Provinsi Sumut adalah provinsi ke-11 di Indonesia yang telah membentuk KDEKS. Ada 13 provinsi yang sudah membentuk KDEKS. Secara kelembagaan, komposisi dan susunan manajemen eksekutif KDEKS Sumut, terdiri dari praktisi, akademisi dan penggiat ekonomi syariah Sumut, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut, perbankan, dan lembaga keagamaan dan umat. 

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut, Naslindo Sirait, selaku Sekretaris 4 KDEKS, mengatakan bahwa KDEKS mengusung 4 program prioritas daerah, yaitu Pengembangan Industri Produk Halal, Pengembangan Industri Keuangan Syariah, Pengembangan Dana Sosial Syariah dan Pengembangan Kewirausahaan Syariah. 

Pasca pengukuhan, KDEKS Sumut segera menyusun Rencana Induk Ekonomi Syariah Provinsi Sumut. Hal itu sebagai peta jalan untuk mengembangkan ekonomi syariah dalam memperkuat perekonomian Sumut. 

Inza Putra selaku perwakilan dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang turut hadir mengatakan bahwa peran strategis pengembangan sistem ini dapat berjalan dan memberikan manfaat melalui sinergi dan kolaborasi antara komite tingkat pusat dan daerah.  

“Kami berharap bahwa KDEKS Sumut tidak hanya dibentuk saja, tetapi juga berjalan dengan baik. Kami membuka peluang kerja sama untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, khususnya Sumut,” pungkas Inza selaku Kepala Divisi Promosi dan Kerja Sama KNEKS.  

Penulis: Nurul Aini, Ishmah Qurratu'ain
Redaktur Pelaksana: Inza Putra

Berita Lainnya