IDEN
Pengukuhan KDEKS Provinsi Jawa Tengah
03 April 2023

Semarang, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mengukuhkan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Jawa Tengah dihadapan Wakil Presiden (Wapres) selaku Ketua Harian KNEKS. Pengukuhan ini dilaksanakan bersamaan dengan Jateng Halal Fair yang merupakan rangkaian dari National Halal Fair di Alun-alun Masjid Kauman Semarang pada Senin (3/4).

Pengukuhan dilakukan oleh Plt Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat dan juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta jajaran pimpinan instansi Jawa Tengah.

Dalam Pidatonya, KH Maruf Amin selaku Ketua Harian KNEKS menyampaikan bahwa dengan dibentuknya KDEKS Jawa Tengah diharapkan dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Hal ini bermuara pada perwujudan Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia.

“KDEKS juga diharapkan menjadi garda terdepan dalam implementasi kebijakan perluasan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, termasuk peningkatan literasi kepada masyarakat,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H Ma’ruf Amin ketika menyaksikan pengukuhan.

Wapres kemudian meminta agar KDEKS Jawa Tengah dapat mengakselerasi implementasi program-program ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Tengah.

“Langkah-langkah akselerasi akan semakin mendekatkan pada visi Indonesia menjadi pusat produsen halal terkemuka di dunia. Kita meraih visi tersebut dengan mengembangkan industri produk halal, keuangan syariah, dana sosial syariah dan kegiatan usaha syariah, serta memperkuat infrastruktur ekosistem syariah,” ungkap Ketua Harian KNEKS.

Pembentukan KDEKS Jawa Tengah didasarkanan pada Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 500/6/Tahun 2023, Tanggal 3 Februari 2023 Tentang KDEKS Jawa Tengah. Komite ini dinahkodai langsung oleh Gubernur Jawa Tengah dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah menjadi Wakil Ketua selaku Ketua Harian.

Selain itu KDEKS Jawa Tengah memiliki anggota yang terdiri dari Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Tengah, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

KDEKS merupakan salah satu dari 13 Program Prioritas KNEKS. KDEKS Jawa Tengah ini adalah satu dari 13 KDEKS di seluruh Indonesia yang telah terbentuk. Komite daerah yang telah ada diantaranya KDEKS Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, Lampung, Kalimantan Selatan, Sumatra Utara, dan Jawa Tengah.

Penulis: Muhammad Adam Hervanda
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya