IDEN
National Halal Fair: Kegiatan Serempak KNEKS-KDEKS selama Ramadhan
21 March 2023

Jakarta, 21 Maret 2023 - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) akan melaksanakan National Halal Fair secara serentak di 8 provinsi Indonesia selama Bulan Ramadhan 1444 H. 

Kegiatan ini merupakan kampanye (campaign) nasional dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah, khususnya pada sektor UMKM halal. 

Direktur Infrastruktur Ekosistem KNEKS, Sutan Emir Hidayat mengatakan bahwa National Halal Fair dilakukan untuk mendukung UMKM dalam pemasaran produk sekaligus membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya selama bulan Ramadhan. 

“National Halal Fair ini bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pendayagunaan UMKM dan mempererat silarurahim di bulan suci Ramadhan,” ungkap Emir dalam konferensi pers yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (21/3).  

Selain tujuan-tujuan di atas, National Halal Fair menjadi sarana untuk menyinergikan agenda Ramadhan daerah guna mendukung literasi ekonomi syariah. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan image dan visibilitas produk halal sehingga literasi masyarakat mengenai penerapan ekonomi syariah juga meningkat. 

Direktur Eksekutif KDEKS Lampung, Adriansyah, yang juga hadir dalam konferensi pers menyatakan bahwa Lampung sudah melakukan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan National Halal Fair di Lampung.

"Kegiatan yang cukup besar ini akan melibatkan ratusan UMKM, nantinya akan dimanfaatkan untuk kampanye halal, edukasi ekonomi dan keuangan syariah agar lebih dikenal oleh masyarakat Lampung," ujar Adriansyah.

Rangkaian kegiatan National Halal Fair meliputi: 

  1. Nusantara Bazar, kegiatan jual beli oleh masyarakat dan pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman, modest fesyen, dan aksesoris. 

  1. Literasi, kegiatan untuk meningkatkan pemahaman ekonomi dan keuangan syariah, diantaranya dongeng penerapan ekonomi syariah, konsultasi halal, perencanaan keuangan, kultum menjelang berbuka puasa, dan Spot foto yang bisa di akses oleh seluruh pengunjung. 

  2. Kompetisi, kegiatan lomba bertema Ramadhan, seperti Lomba Da’i Cilik, Lomba Adzan, Lomba Menggambar, Lomba Fotografi untuk anak-anak usia 6-15 tahun. 
  3. Talkshow, membahas tentang ekonomi dan keuangan syariah, serta penerapan gaya hidup halal (halal lifestyle).‚Äč

National Halal Fair yang menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah ini akan dilakukan di 8 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Barat. 

 

Lampiran 

Berikut merupakan rincian dan rencana jadwal pelaksanaan National Halal Fair 2023: 

  1. DKI Jakarta  
    • Dream Day: Ramadhan Fest akan dilaksanakan pada 5-11 April 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). 
  2. Jawa Tengah  

    • Jateng Halal Fair akan dilaksanakan pada 2-9 April 2023 di Masjid Kauman Semarang. 
  3. Nusa Tenggara Barat  

    • Pesona Khasanah Ramadhan NTB akan dilaksanakan pada 26 Maret-22/23 April di Majid Hubbul Wathan Islamic. 
  4. Kalimantan Selatan  

    • Ramadhan Fair akan dilaksanakan pada 23 Maret-22 April 2023 di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Siring 0 Km Banjarmasin. 

    • Pasar Raya TPID akan dilaksanakan pada 10-15 April 2023 di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Siring 0 Km Banjarmasin. 

    • Pasar Kerja UMKM akan dilaksanakan pada 10-15 April 2023 di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Siring 0 Km Banjarmasin. 

  5. Lampung 

    • Festival Ramadhan Lampung akan dilaksanakan pada 24 Maret-20 April 2023 di Masjid Raya Bandar Lampung. 

    • Festival Ramadhan Lampung akan dilaksanakan pada 24 Maret-18 April 2023 di Studio Radar Lampung TV. 

  6. Riau 

    • Tribun Ramadhan Festival akan dilaksanakan pada 26 Maret-8 April 2023 di Halaman Kantor Tribun Pekanbaru. 

    • Ramadhan Fair akan dilaksanakan pada 7-23 April 2023 di Living World Pekanbaru. 

    • Ramadhan Super akan dilaksanakan pada 27 Maret-21 April 2023 di AERO Sport (Taman Pesawat) Simpang Tiga. 

    • Bazaar Ramadhan Simpang Tiga akan dilaksanakan pada 23 Maret-22 April 2023 di Camat Bukit Raya. 

    • Pasar Ramadhan Masjid Raya akan dilaksanakan pada 23 Maret-22 April 2023 di Halaman Kramik Masjid Raya Kota Pekanbaru. 

    • Semarak Ramadhan akan dilaksanakan pada 25 Maret-20 April 2023 di Masjid Agung An Nur. 

    • Bazaar Ramadhan Pedagang Kaki Lima akan dilaksanakan pada 25 Maret-20 April 2023 di 11 Kecamatan di Kota Pekanbaru. 

  7. Sulawesi Selatan 

    • National Halal Fair Sulawesi Selatan akan dilaksanakan pada 2-5 April 2023 di Lego-Lego CPI Makassar. 
  8. Sumatra Barat  

    • Semarak Ramadhan akan dilaksanakan pada 23 Maret-22 April 2023 di Masjid Raya Sumatra Barat. 

    • Pesantren Ramadhan akan dilaksanakan pada 27 Maret-22 April 2023 di pesantren-pesantren Sumatra Barat. 

***

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Inza Putra - Kepala Divisi Promosi dan Kerja Sama Strategis
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)
Komplek Kementerian Keuangan, Gedung Djuanda 2 Lantai 17 
Jl. Dr Wahidin No. 1 Jakarta Pusat 13790
Telepon: (021) 80683349  |  Email: inza.putra@kneks.go.id  |  www.kneks.go.id

 

Tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)

Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) merupakan perubahan dari Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). KNEKS didirikan tanggal 10 Februari 2020 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2020. KNEKS dipimpin oleh Presiden sebagai Ketua dan Wakil Presiden sebagai Ketua Harian, dan Menteri Keuangan menjadi Sekretaris merangkap anggota.

KNEKS didirikan untuk melakukan tugas mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka mendukung ketahanan ekonomi nasional. Dalam melaksanakan tugas, KNEKS menjalankan fungsi Pemberian rekomendasi arah kebijakan dan program strategis pembangunan nasional di sektor ekonomi dan keuangan syariah; Pelaksanaan koordinasi, sinkronisasi, sinergisitas penyusunan dan pelaksanaan rencana arah kebijakan dan program strategis pada sektor ekonomi dan keuangan syariah; Perumusan dan pemberian rekomendasi atas penyelesaian masalah di sektor ekonomi dan keuangan syariah; Pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan arah kebijakan dan program strategis di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut, maka anggota KNEKS terdiri atas 3 Menteri Koordinator, 7 Menteri, 3 Ketua Lembaga Pemerintah dan 2 Instansi lain, yaitu: Menko Perekonomian, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Keuangan, Menteri Agama, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri BUMN, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ketua Dewan Komisioner OJK, Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisioner LPS, Ketua Umum MUI dan Ketua Umum KADIN. 

Berita Lainnya