IDEN
Sinergi Akselerasi Pengembangan dan Inovasi Produk Halal Indonesia
02 December 2022

Mataram, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) melakukan kunjungan kerja ke kota Mataram, NTB pada Rabu (30/10). Pada kunjungan kali ini, tim KNEKS bersama Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI berkesempatan untuk mengunjungi Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat yang berlokasi di Lombok Utara.

Tujuan dari kunjungan kerja kali ini ialah untuk menilai kesiapan untuk peresmian Fasilitas Pengembangan Teknologi Produk Halal Berbasis Maritim Nasional pada Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Adapun Peresmian Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat ini diusulkan akan diresmikan oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin.

Kunjungan kerja kali ini dipimpin oleh Plt. Direktur Eksekutif Manajemen Eksekutif KNEKS, Taufik Hidayat, yang menyampaikan bahwa KNEKS siap mendukung penuh peresmian Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat BRIN sebagai Fasilitas Pengembangan Teknologi Produk Halal Berbasis Maritim Nasional. KNEKS sendiri berupaya melakukan sinergi ke stakeholders untuk percepatan pengembangan dan inovasi produk halal di Indonesia demi mewujudkan visi Indonesia sebagai Produsen Halal Dunia 2024.

Pada kunjungan kali ini, rombongan KNEKS dan Setwapres RI disambut langsung oleh Fahrurrozi selaku Kepala Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat. Beliau menyampaikan dengan adanya fasilitas pengembangan teknologi produk halal berbasis maritim, diharapkan teknologi yang tersedia dapat memberikan nilai tambah yang besar. “Dibutuhkan lab-lab pasca panen untuk menunjang pengembangan teknologi proses pangan berbasis maritim,” ujar Fahrurrozi.

Harapannya, dalam waktu dekat Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat dapat diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin sebagai Fasilitas Pengembangan Teknologi Produk Halal Berbasis Maritim Nasional. Hal ini menjadi urgensi bersama untuk mendukung visi Indonesia sebagai Produsen Produk Halal Dunia 2024.

Penulis: Nadiah Hidayati 
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya