IDEN
Upaya Penguatan Digitalisasi Pelaporan Zakat Nasional
27 Oktober 2022

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan Workshop Digitalisasi Pelaporan Pengelolaan Zakat Melalui Sistem Informasi Manajemen Baznas Bagi LAZ Nasional. Acara ini diselenggarakan di Jakarta pada Selasa-Rabu (25-26/10).

Dihadiri lebih dari 30 perwakilan LAZ tingkat nasional, sosialisasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas pelaporan zakat melalui pengenalan dan pendampingan secara intensif terkait penggunaan Sistem Informasi Manajamen BAZNAS pada modul pelaporan bagi pengelola zakat. Agenda ini diisi oleh pemateri dari BAZNAS yang diantaranya adalah Direktur Inovasi dan Teknologi Informasi Achmad Setio Adinugroho, Deputi Direktur Dana Sosial Syariah KNEKS Urip Budiarto, Kepala Biro Koordinasi, Kerjasama dan Harmonisasi Khuzaifah Hanum, Kepala Bagian Akuntansi dan Laporan Keuangan Chairani Nelma, serta Kepala Bagian Pelaporan Nasional Sugianto.

Adapun workshop dibagi menjadi 8 sesi dengan materi yang berkaitan dengan kebijakan digitalisasi pelaporan pengelolaan zakat nasional, pengenalan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) sebagai ekosistem digital pengelolaan zakat nasional, akuntansi zakat dan aplikasinya dalam sistem pelaporan SiMBA serta praktik pengisian laporan triwulan I, II, dan III dalam SiMBA

Pada closing remarks, Deputi Direktur Dana Sosial Syariah KNEKS Urip Budiarto menyampaikan bahwa sosialisasi ini diadakan sebagai bentuk dukungan KNEKS dalam menguatkan ekosistem digitalisasi zakat nasional. Sistem pelaporan zakat melalui SiMBA adalah alat bantu termudah bagi organisasi pengelola zakat dalam mewujudkan pelaporan zakat yang terintegrasi.

Hadirnya data kinerja organissi pengelola zakat yang terintegrasi, akan memungkinkan diketahuinya portfolio pengelolaan zakat tiap lembaga, pemetaan jaringan distribusi zakat, pemetaan program zakat (pada bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan) hingga tersedianya data yang akan membantu pengembang kebijakan, peneliti dan akademisi dalam melakukan riset serta perumusan rekomendasi terbaik bagi penguatan pengelolaan zakat nasional.

Melalui workshop digitalisasi pelaporan pengelolaan zakat ini harapannya akan menciptakan organisasi pengelola zakat yang tidak hanya aman syar’i, aman regulasi, serta aman NKRI tapi juga memiliki akuntabilitas dan transparansi yang baik untuk menumbuhkembangkan kepercayaan masyarakat dalam berzakat melalui lembaga resmi.

Penulis: Alvina Syafira Fauzia
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya