IDEN
Kick-Off Program FUMI untuk Fasilitasi UMKM Industri Halal
31 Oktober 2022

Jakarta, KNEKS – 38 UMKM dan BRIN melakukan penandatangan Berita Acara pendampingan teknis lebih lanjut program Fasilitasi Usaha Mikro Berbasis Iptek (FUMI). Disaksikan oleh pimpinan KNEKS, BRIN dan BES KADIN yang bertempat di ICC Building KST Bung Karno, BRIN Cibinong. UMKM ini merupakan hasil dari Business Meeting Halal Tech Expo yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 11 Oktober 2022 oleh BRIN dan KNEKS. 

Setelah dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara antara pelaku UMKM dengan BRIN, peserta FUMI akan mendapatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh BRIN. Bentuk pelaksanaan program FUMI ini terdiri atas empat fasilitasi berupa: (i) Aplikasi Teknologi Hasil Riset; (ii) Fasilitasi Pengujian Produk; (iii) Pendampingan Sertifikasi; dan (iv) promosi. 

Program FUMI diharapkan dapat membantu pelaku usaha dalam memperbaiki kualitas, kuantitas dan kontinuitas produksi. “KNEKS dan BRIN melaksanakan kegiatan ini sebagai sarana memfasilitasi Pelaku Usaha mendapatkan akses inovasi dan teknologi, sehingga pelaku UMKM dapat memproduksi produk halal secara efisien dan berdaya saing tinggi serta mampu bersaing di pasar global” jelas Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS. 

Ummi Annisa salah seorang pelaku usaha yang mengikuti program FUMI ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian dan kepedulian BRIN terhadap pengembangan UMKM. “Saya sangat beruntung karena telah terpilih masuk ke dalam program FUMI ini. Besar harapan kami agar teman-teman UMKM di luar sana juga bisa merasakan manfaat dalam program ini. Semoga program ini pangsa pasar nya bisa bertambah lebih luas secara lebih nasional.” ungkapnya. 

BRIN bersama dengan KNEKS mengajak para Periset dan Inovator teknologi berkolaborasi dengan pelaku usaha dalam mengembangkan sektor Industri Halal Nasional. “Tingginya permintaan akan produk halal telah mendorong berkembangnya industri halal, yang kemudian berkembang menjadi perspektif baru dalam perkembangan bisnis," jelas R. Hendrian, Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN. 

FUMI merupakan skema pemanfaatan riset yang dikelola dan dikembangkan oleh BRIN dengan mempertimbangkan masih rendahnya daya saing UMKM karena lemahnya penerapan serta pemanfaatan hasil riset dan inovasi.

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya