IDEN
KADIN Dukung Upaya Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah
03 October 2022

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) melalui Direktorat Bisnis dan Kewirausahaan Syariah melakukan kunjungan kerja ke Badan Ekonomi Syariah (BES) KADIN di Menara KADIN pada hari Rabu (28/9). Kunjungan KNEKS bersama BES KADIN mengkoordinasikan rencana kerja yang akan dilakukan bersama serta mensinergikan berbagai inisiatif terkait sinergi antara KNEKS dan Kadin Indonesia, dimana KADIN Indonesia adalah salah satu Anggota KNEKS.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Putu Rahwidhiyasa menyampaikan program prioritas dan reguler yang sudah ditetapkan oleh Wakil Presiden, selaku Ketua Harian KNEKS dalam Rapat Pleno tahun 2021. “Berdasarkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia, sesuai amanah Wapres diturunkan menjadi 13 Program Prioritas dan 17 Program Reguler, dari setiap program tersebut ada beberapa yang bersinggungan erat hubungannya dengan KADIN Indonesia”, jelas Putu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BES KADIN, Taufan EN Rotorasiko mendukung penuh inisiasi-inisiasi yang disampaikan KNEKS khususnya dalam perluasan kegiatan usaha syariah. “Kami harapkan sinergitas ini akan membantu para pengusaha-pengusaha UMKM agar naik kelas lebih tinggi lagi sehingga akan membantu dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia”, ujar Taufan.

Namun, tidak hanya berbicara tentang kegiatan usaha syariah, pertemuan antara KNEKS dengan BES KADIN ini juga membahas tentang bagaimana ekosistem ekonomi dan keuangan syariah ini dapat berkembang. “Kita harus melihatnya secara ekosistem, dan dapat dikembangkan menjadi lifestyle end to end bagi masyarakat diluar sana”, lanjut Taufan.

Terakhir Putu menyatakan akan dilakukan koordinasi kembali dengan KADIN untuk merealisasikan kerja sama yang lebih konkret. “Semoga dengan pertemuan ini akan ada hal-hal secara real bisa dieksekusi dan terimplementasi di lapangan” tutup Putu.

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya