IDEN
Sinergi Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM
14 Juni 2022

Jakarta, KNEKS – Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah ME KNEKS berkesempatan hadir dalam Talkshow Sinergi Pemberdayaan UKMK Kemenkeu Satu di Sektor Kelapa Sawit di Aula Dhanapala Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu (08/06). Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu peran atau partisipasi dalam sinergi pemberdayaan UKMK Kemenkeu Satu. 

Salah satu upaya yang usaha yang dilakukan KNEKS melalui Program Prioritas Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal. Program ini merupakan kerangka kerja yang membuka kesempatan berbagai pemangku kepentingan untuk sinergi dan akselerasi.  

“Kita mensinergikan seluruh fungsi Kementerian dan Lembaga yang mempunyai peran pengembangan UMKM, mulai dari Kominfo, Kemenkeu, OJK, BI dan lain-lain. Kita (KNEKS) kerja samakan agar bersinergi untuk mendukung UMKM Industri Halal” ujar Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis & Kewirausahaan Syariah KNEKS. 

Kementerian Koperasi dan UKM juga turut berperan dalam pengembangan UMKM. Salah satunya lewat rumah produksi bersama di berbagai daerah di Indonesia sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021. Rumah produksi bersama menjadi tempat bagi para pelaku UMKM dengan produk berbahan dasar serupa untuk melakukan aktivitas produksi secara bersama-sama di kawasan yang dilengkapi dengan teknologi terbaru. 

“Tahun ini sudah ada 5 provinsi yang sudah di fasilitasi rumah produksi bersama oleh KemenkopUKM seperti Jawa Tengah (rotan), NTT (sapi potong), Sulawesi Utara (kelapa), Kalimantan (jahe) dan Aceh (minyak nilam)” ucap Suradi, Direktorat Perkoperasian KemenkopUKM. 

Talkshow kali ini turut dihadiri juga oleh Direktur Utama Bogor Life Science And Technology (BLST) Insitut Pertanian Bogor, Dr. Meika Syahbana yang menjelaskan tentang besarnya nilai ekonomi sektor kelapa sawit yang menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya