IDEN
Sinergi Layanan Lelang Kemenkeu untuk UMKM Industri Halal
21 April 2022

Jakarta, KNEKS – Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) melakukan audiensi dengan Direktur Lelang, Kementerian Keuangan terkait sinergi dan kolaborasi program Pengembangan UMKM Industri Halal (20/04). Pertemuan ini merupakan forum silaturahmi sekaligus diskusi awal untuk memohon dukungan sinergi dari berbagai Kementerian/Lembaga, salah satunya Direktorat Lelang yang juga tergabung dalam Kemenkeu Satu UMKM Maju.  

Dalam mewujudkan pembentukan ekosistem UMKM Industri halal, dibutuhkan kerja sama semua Kementerian dan Lembaga mulai dari hulu hingga hilir. “Kita pahami bersama sangat banyak K/L yang sangat concern terhadap UMKM, saat ini berdasarkan pemantauan kami (KNEKS) masih berjalan sendiri-sendiri dan ini yang kami harapkan dapat disinergikan satu sama lain”, ujar Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah ME KNEKS. 

“Sinergi UMKM ini, kami (KNEKS) menggunakan pendekatan strategi lima (5) pilar yaitu capacity building, kemitraan, pendanaan, digital empowerment dan terakhir market place”, lanjut Putu. 

Berbagai inisiatif telah dilakukan oleh Direktorat Lelang, DJKN dalam mengembangkan UMKM salah satunya lewat program Kompetisi dan Inovasi (KEDAI) Lelang Sukarela Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). KEDAI Lelang UMKM dilaksanakan dalam rangka menggali potensi lelang produk-produk UMKM di wilayah kerja kantor penyelenggara lelang serta meningkatkan kerjasama dengan pelaku usaha untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional. “Di Kementerian Keuangan melalui joint program pemberdayaan UMKM, mendorong semua Eselon 1 untuk melakukan suatu kegiatan kreatif dan inovatif yang mampu kiranya mendorong bagi pelaku UMKM yang terdampak akibat pandemi”, ujar Joko Prihanto, Direktur Lelang, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. 

“Di samping itu, upaya yang telah dilakukan Direktorat Lelang untuk pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, dapat dilihat pada portal lelang.go.id. Telah disediakan fitur khusus yang memungkinkan calon pembeli lelang untuk memilih dan melihat produk-produk dari UMKM”, jelas Joko. 

Direktorat Lelang berharap bisa segera berkoordinasi lebih lanjut dengan KNEKS dalam rangka memberdayakan UMKM dikarenakan banyak program dari masing-masing Kementerian dan Lembaga yang bisa disinergikan satu sama lain. “Pertemuan ini harus ada episode berikutnya, saya harapkan episode kedua, ketiga dan seterusnya pertemuan kita nanti akan menghasilkan perkembangan yang positif terkait masalah UMKM”, tutup Joko.

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya