IDEN
KNEKS Bersama BSI, MUI dan Laznas BSMU Meluncurkan Buku Kultum Ekonomi Syariah
18 April 2022

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Laznas BSMU berkolaborasi dalam peluncuran Buku Kultum Ekonomi Syariah Series 4 pada Senin (18/4). Acara ini setidaknya dihadiri oleh lebih dari 100 hadirin via zoom meeting. Peluncuran buku ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah sebagai energi baru pembangunan ekonomi Indonesia.

Dalam acara ini turut hadir, Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas, Ketua Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) MUI Endang Soetari, Direktur Ekosistem Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat, Wakil Direktur Utama 2 BSI (Wadirut 2 BSI) Abdullah Firman Wibowo, Direktur Eksekutif Laznas BSMU Sukoriyanto Saputro dan Da’i Muda Ekonomi Syariah Program LIKES.

Wakil Direktur Utama 2 BSI Abdullah Firman Wibowo mengatakan bahwa buku kultum ekonomi syariah yang berisi 20 tulisan da’i yang tergabung dalam program LIKES (Literasi Keuangan Syariah) ini akan didistribusikan ke berbagai lembaga.  “Semoga buku ini dapat menjadi referensi bagi para Da’i di Indonesia, sehingga memberikan dampak yang luas bagi upaya penguatan literasi ekonomi syariah, sebagai energi baru untuk pembangunan ekonomi Tanah Air,” ujar Firman.

Sejalan dengan Wadirut 2 BSI, Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro berharap buku kultum ekonomi syariah bisa menjadi solusi bagi permasalahan umat dan menjadi referensi bagi para da’i di Indonesia dalam mensyiarkan dakwah. Menurutnya, buku ini mampu membawa angin segar bagi masyarakat di Indonesia terkait Kultum bertemakan ekonomi dan keuangan syariah.

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas juga menyampaikan bahwa peluncuran buku ini adalah dalam rangka meningkatkan literasi dan awareness serta edukasi kepada masyarakat, sekaligus memperkaya khasanah dan referensi bagi para penceramah, ustaz, da’i, dan pegiat ekonomi syariah lainnya. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat. Semoga buku ini dapat memberikan nilai manfaat bagi semua pihak,” kata Anwar.

Adapun Direktur Ekosistem Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat menyampaikan penerbitan buku ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah. Harapannya masyarakat luas dapat memahami konsep ekonomi dan keuangan syariah secara menyeluruh dan meningkatkan literasi ekonomi syariah nasional.

Untuk mengoptimalkan dan mengambil peran di perkembangan industri halal di Indonesia, Laznas BSMU mempunyai program Literasi Keuangan dan Ekonomi Syariah (LIKES). Kedepannya program ini diharapkan dapat meningkatkan edukasi masyarakat serta indeks literasi dan inklusi ekonomi syariah Indonesia. Program ini juga bertujuan untuk mempersiapkan SDM da’i yang memiliki pemahaman mengenai keuangan syariah yang sesuai dengan kebutuhan industri syariah dan keahlian digital. Selain itu, program ini juga diharapkan bisa membangun kesadaran kewajiban ibadah sosial.

Penulis: Ardhini Risfa Jacinda
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya