IDEN
Link and Match dalam Pembangunan SDM Ekonomi Syariah
23 April 2022

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mendukung Muamalat Institute menyelenggarakan “Muamalat Virtual Job Fair 2022” untuk para jobseekers, baik siswa SMA/K/MA, fresh graduate maupun alumni yang sudah berpengalaman di seluruh Indonesia untuk berpeluang berkarir di Bank Muamalat Indonesia pada Jumat (22/04). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memfasilitasi kegiatan serta menciptakan link and match dalam pengembangan SDM ekonomi syariah di Indonesia.

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Sutan Emir Hidayat pada sambutannya menjelaskan bahwa di tahun 2021 KNEKS juga telah melaksanakan Online Expo Bursa Magang Ekonomi dan Keuangan Syariah sebagai bentuk sosialisasi Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Acara tersebut mempertemukan mitra magang dalam hal ini industri/pelaku usaha termasuk Kementerian dan Lembaga (K/L) dengan mitra Perguruan Tinggi penyelenggara program studi rumpun Ekonomi dan Keuangan Syariah. “Sehingga, Muamalat Virtual Job Fair 2022 yang diselenggarakan oleh Muamalat Institute ini selaras dengan visi dan misi KNEKS dalam rangka pembangunan SDM Ekonomi dan Keuangan Syariah yang unggul dan berdaya saing global,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur yang membawahi bagian pengembangan SDM ekonomi syariah ini juga menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap terselenggaranya Muamalat Virtual Job Fair sebagai salah satu wadah yang dapat mempermudah alur proses pelaksanaan Program Magang/Praktik Kerja serta pengembangan SDM sektor Ekonomi dan Keuangan Syariah kedepannya. Ia juga berharap kegiatan serupa bisa diikuti oleh pelaku industri lain di sektor ekonomi dan keuangan syariah sehingga keterserapan tenaga kerja SDM Ekonomi Syariah semakin tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Riksa Prakoso yang merupakan Chief Human Capital Officer Bank muamalat mengungkapkan dukungan pemerintah terhadap kehadiran ekonomi syariah selama ini menjadi penyemangat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di indonesia.  “Ada beberapa faktor yang menjadikan sektor ekonomi dan keuangan syariah terus tumbuh diantaranya sumber daya insani, lembaga pendidikan, regulasi, lembaga keuangan yang mendukung literasi masyarakat mengenai ekonomi syariah,” ujar Riska.

“Harapannya Muamalat Virtual Job Fair 2022 dapat membuka wawasan mahasiswa/mahasiswi untuk mengenal lebih jauh dan tertarik untuk memulai karir di industri keuangan syariah,” kata Riska melanjutkan penjelasannya.

Kegiatan Muamalat Virtual Job Fair 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 22 april 2022 secara daring melalui platform zoom. Total ada 8 title lowongan yang ditawarkan melalui acara ini untuk alumni siswa SMA/K/MA, diploma dan sarjana, disertai informasi kualifikasi, job desc, tahapan seleksi serta tips bagaimana bisa berhasil berkarir di posisi tersebut.

Total terdapat 640 partisipan yang hadir, peserta juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa dilampirkan dalam lamaran yang dikirimkan. Menariknya, Hafizh dan Hafizhah Qur’an merupakan kualifikasi yang mendapat nilai tambah dalam beberapa posisi yang ditawarkan.

Penulis: Atiqoh Nasution
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya