IDEN
Gerakan HIPMI SyariahPreneur Indonesia
30 March 2022

Jakarta, KNEKS - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar HIPMI Syariah Conference 2022 yang telah dibuka dan diresmikan pada hari ini oleh Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Selasa (29/3). Di dalam rangkaian kegiatan tersebut, diselenggarakan juga Gerakan HIPMI SyariahPreneur Indonesia dengan mengulas tema “Ekonomi Syariah Sebagai Lentera Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19” dalam hal ini Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS turut hadir menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut. 

Dalam mendukung kegiatan ekonomi syariah di Indonesia, KNEKS saat ini telah menetapkan 13 program kerja prioritas yang akan dilaksanakan sampai dengan tahun 2024. “Terdapat klaster program khusus untuk mendukung pengembangan dan perluasan kegiatan usaha syariah seperti Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal, Percepatan Ekspor UKM Industri Halal, Pusat Data Ekonomi Syariah dan Kelembagaan Ekonomi Syariah Tingkat Daerah” ujar Putu, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS. 

Diperlukan kerjasama dan dukungan Kementerian/Lembaga terkait dalam mengembangkan usaha syariah di Indonesia. “Kami (KNEKS) saat ini sudah membangun strategi bekerja sama dengan K/L bahwa untuk usaha syariah harus ada pendampingan capacity building, kemitraan, pembiayaan dan pendanaan, digitalisasi dan terakhir marketplace” tambah Putu. 

Bank Indonesia juga turut berperan melalui blueprint pengembangan kebijakan ekonomi syariah di Indonesia. “Dalam blueprint kita (BI) punya tiga pilar, pilar pertama ekonomi syariah sektor halal, pilar kedua keuangan syariah dan pilar ketiga edukasi, riset dan literasi untuk meningkatkan awareness terhadap ekonomi dan keuangan syariah” ujar Muhammad Irfan, Deputi Direktur Bank Indonesia. 

Gerakan HIPMI SyariahPreneur Indonesia diharapkan mampu membawa kejayaan ekonomi Indonesia dan menghadirkan solusi bagi generasi muda bangsa untuk terus membangkitkan ekonomi dengan semangat keislaman. “HIPMI ini bukan saja melahirkan pengusaha muda tapi juga melahirkan pemimpin muda di masa yang akan datang” ujar Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming dalam pidato sambutan nya. 

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya