IDEN
Wakil Presiden berharap Halal Trade Expo meningkatkan Ekspor Produk Halal UMKM
25 October 2021

Jakarta, KNEKS - Ada yang berbeda dengan Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan secara tahunan oleh Kementerian Perdagangan pada tahun ini yaitu hadirnya Halal Trade Forum, Jum’at (22/10). TEI ke-36 Digital Edition kali ini diselenggarakan secara hybrid, forum online interactive diselenggarakan selama 14 hari mulai dari 21 Oktober sampai 4 November 2021 sementara untuk showcase berlangsung hingga 20 Desember 2021. Pada pameran dagang internasional ini menampilkan produk-produk andalan Indonesia, termasuk produk halal kepada para pembeli dari mancanegara yang terkumpul di Halal Paviliun.

Dalam pembukaan acara Halal Trade Forum tersebut, Wakil Presiden RI sekaligus Wakil Ketua Harian KNEKS mengajak semua pihak untuk bersama-sama memperkuat rantai nilai halal melalui 4 (empat) langkah penting. “Pertama, akselerasi sertifikasi halal. Kedua, menguasai ekosistem pendukung ekspor produk halal mulai dari bahan baku, produksi, standar dan prosedur ekspor, hingga pemasaran.  Ketiga, membuka dan menangkap peluang ekspor produk halal di era pemulihan ekonomi saat ini. Keempat, kolaborasi dan integrasi usaha besar dengan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)”, ujar K.H. Ma’aruf Amin.

Lebih lanjut Wakil Presiden menegaskan bahwa untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal terkemuka di dunia, maka rantai nilai halal harus terintegrasi mulai dari infrastruktur, regulasi, pengembangan industri halal hingga para pelaku usaha dan bisnis syariah. Halal Trade Expo ini diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran informasi, peluang bisnis, peningkatan transaksi ekspor khususnya bagi produk UMKM dan produk halal Indonesia.

Senada dengan arahan tersebut, Manajemen Eksekutif (ME) KNEKS telah merumuskan  Strategi Percepatan Ekspor Produk Halal yang terbagi kedalam 4 (empat)  kategori yaitu: pertama, pemasaran dan akses pemasaran; kedua, produk, proses produksi, dan teknologi; ketiga, aspek legal dan sertifikasi produk; dan keempat, sumber pembiayaan ekspor dan transaksi finansial. “Dari hasil kajian tersebut, Halal Trade Forum dan Halal Pavilliun di TEI merupakan salah satu tindak lanjut yang sesuai dengan strategi percepatan ekspor UKM Industri Halal untuk kategori pemasaran dan akses pemasaran yang telah disusun oleh KNEKS,” pungkas Putu, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah ME KNEKS.

Penulis: Suci, Iqbal
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya