IDEN
Research Workshop Series 5 in Islamic Economics and Finance
16 September 2021

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mengadakan sesi pendampingan langsung untuk menerbitkan penelitian yang kuat pada jurnal internasional Scopus kepada para panelis dan audiens sebagai salah satu program strategis KNEKS untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset ekonomi dan keuangan syariah Indonesia sesuai dengan standar internasional. Pendampingan tersebut dikemas dalam Research Workshop Series 5, pada hari Senin (30/8).

Dr. Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah pada pembukaan acara menuturkan, “Sesi workshop kelima ini dilaksanakan atas kerja sama KNEKS, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Indonesia, IPB University dan IAEI DPW DKI Jakarta.”

Dengan adanya workshop ini diharapkan 73 peserta workshop bisa mendapatkan pengetahuan yang diberikan oleh Prof. Mansor Ibrahim dan mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan baik. Para peserta diharapkan juga dapat aktif selama menjalani workshop ini dan dapat mengirimkan papernya ke jurnal Scopus dan diterima untuk diterbitkan di portal jurnal bergengsi tersebut.

Pada workshop series 5 ini, Prof. Dr. Mansor Ibrahim selaku mentor dan pembicara mengingatkan bahwasannya para panelis yang sudah mengirimkan paper agar tidak lupa mencantumkan nama dan nomor file sesuai format yang telah ditentukan. Selanjutnya artikel ilmiah yang sudah dikumpulkan akan diberikan tanggapan berupa feedback yang nantinya dapat panelis lihat dan perbaiki.

Setelah itu, paper terpilih akan diinformasikan melalui email. Adapun artikel yang sudah dinyatakan diterima belum sepenuhnya selesai atau final, melainkan akan senantiasa diberikan masukan, gagasan, dan saran oleh mentor kepada panelis.

Proposal yang terseleksi adalah sebanyak 71 buah. Selanjutnya terdapat 58 paper submission pada tahap introduction, dan 16 submission pada bagian introduction and literature review, dan pada series II: Introduction – Review and Feedbacks, terdapat 2 paper yang diterima dengan catatan harus direvisi di bagian introduction dan terdapat 1 paper yang sudah bisa dikirimkan ke Scopus dengan ketentuan mengirimkan secara Full Paper. Terdapat 16 paper yang lolos selesi pada tahap introduction, dengan 60% literature review menggunakan data sekunder dan sekitar 40% penelitian pada bagian ini menggunakan data primer.

Prof. Dr. Mansor H. Ibrahim kemudian mengatakan, “tasks yang telah dikirimkan, bukan paper final. Perlu diingat, paper yang ditulis ditujukan untuk international audience, jadi gunakan bahasa yang universal sehingga dapat dipahami oleh para pembaca.”

Kemudian Prof. Dr. Mansor H. Ibrahim juga mengatakan bahwa peserta diharapkan dapat mengirimkan artikelnya tepat waktu, sehingga beliau dapat meberikan review dan feedback secara detail. Dalam memberi feedback, mentor akan memerhatikan 3 hal, yaitu permasalahan penelitian, studies reviewed, dan struktur/tema dari literature review.

Permasalahan penelitian harus menjelaskan objek penelitian yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. “Studies reviewed harus menjelaskan studies reviewed yang relevan dengan objek penelitian dengan memerhatikan detail dari key studies dan men-highlight perbedaan penelitian anda dari penelitian sebelumnya. Struktur/tema dari literature reviewharus menjelaskan hubungan teoretis, dan struktur dan informasi yang berkaitan pada gaps,” kata Prof. Dr. Mansor H. Ibrahim.

Workshop series 5 ini diperkaya dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh panelis dan audiens seperti dari Prof. Raditya Sukmana selaku partisipan,“Berdasarkan pengalaman Anda, bagaimana Anda melihat perbedaan Gap pada Q4, Q3, Q2, Q1?” Dari pertanyaan tersebut, Prof. Dr. Mansor H. Ibrahim menjawab, untuk Q4 dan Q3 pada umumnya justifikasi sampel yang berbeda atau tujuannya karena untuk melihat perbedaan dan membandingkan. Akan tetapi untuk Q2 dan Q1, sampel hanya satu data dan topik yang unik dan spesifik dari satu negara, institusi, atau lain-lain.

Diharapkan dengan diadakannya Research Workshop Series 5 ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas riset ekonomi dan keuangan syariah Indonesia yang sesuai dengan standar internasional dengan tujuan untuk mempercepat peningkatan pembangunan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah yang signifikan, menyeluruh, dan integratif.

Penulis: Tasya Arviannisa
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya