IDEN
Inovasi Berkurban dan Pemberdayaan Peternak
20 July 2021

Jakarta, KNEKS - Percepatan digital di era saat ini membuat berbagai sektor beradaptasi dengan kebutuhan layanan digital, ditambah dengan adanya covid-19 yang memutuskan para pekerja dan pelajar untuk beraktivitas melalui digital demi memutus rantai covid-19. Dengan adanya perkembangan digital yang semakin meningkat, menjadi solusi masyarakat untuk berkurban dimana saja dan kurban bisa sampai kemana-mana.

“Ada 2 inovasi yang dilakukan teman-teman zakat atau lembaga zakat untuk memfasilitasi dan mempermudah dalam berkurban, diantaranya inovasi pada aspek fundraising dan kedua inovasi pada proses pengelolaan daging kurban yang banyak memberikan manfaat”, ujar Agus Budiyanto (Direktur Eksekutif FoZ) pada KNEKS Sharia Inspiratif Talks Episode 3 dengan tema .Inovasi Digital Berkurban dan Pemberdayaan Peternak, Senin (12/7).

“Di Aspek Fundarising,  ada hal yang dilakukan amil zakat untuk mempermudah masyarakat, Pertama mereka membuat website Fundraising sendiri, kedua menggiring sebanyak-banyaknya dari kanal media digital ke website Fundraising, dan ketiga bekerjas ama dengan pihak lain seperti platform crowdfunding dan e-commerce”, lanjut Agus

Sedangkan inovasi proses pengelolaan daging kurban terdapat dua proses pemberdayaan, pertama adalah pengadaan sentra pemeliharaan hewan kurban dengan memperdayakan mustahik untuk memelihara hewan kurban. Kedua yaitu aspek pengelolaannya dengan mengolah daging kurban menjadi produk siap saji yang bekerja sama dengan pabrik olahan lokal. “Pabrik ini tidak semata-mata bisnis melainkan membuka lapangan pekerjaan bagi mustahik di lingkungan sekitar pabrik”, ulas Agus.

Hal menarik dari kurban digital adalah inovasi merubah daging mentah menjadi makanan siap saji sehingga mempermudah dalam penyaluran kurban ke berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga ke negara konflik. Produk makanan siap saji seperti kornet, sosis dan bahkan rendang turut mendorong tumbuhnya industri produk halal. “Pabrik olahan tersebut diawali tumbuh karena kebutuhan kurban, namun diluar bulan dzulhijjah, pabrik tersebut tentunya akan terus berproduksi berbagai variasi produk halal dengan bermitra dengan sentra-sentra peternak hewan kurban”, ujar Iqbal, Kepala Divisi Kemitraan dan Akselerasi Usaha Syariah.

Di tengah masa PPKM darurat, FoZ berharap dan mengajak untuk masyarakat agar terlibat dalam kampanye kurban tahun ini, “berkurban dari mana saja, bisa sampai kemana saja dan bermanfaat bagi korban covid-19”, pungkas Agus.

Penulis: Achmad Iqbal
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya