IDEN
Opitmalisasi Ekonomi Syariah Daerah, KNKS Selenggarakan Executive Leaders Forum
14 November 2019

JAKARTA, KNKS - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menyelenggarakan Executive Leaders Forum dalam pagelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), di Jakarta Convention Center, Rabu (13/11).

Direktur Hukum dan Hubungan Eksternal KNKS, Taufik Hidayat menjelaskan acara tersebut merupakan pengoptimalisasian ekonomi syariah di daerah-daerah di Indonesia, melalui penyelenggaraan Executive Leaders Forum yang mempertemukan gubernur dan mitra potensial atau potensial partner internasional untuk membangun ekonomi daerah dengan ekonomi syariah.

Tiap daerah diwakili  gubernur dan pejabat daerah lainnya dengan memaparkan program-program unggulan ekonomi dan keuangan syariah  daerahnya. Potensi-potensi ekonomi yang ada di berbagai wilayah dimunculkan dan dipertemukan dengan potensial partner.

Inti dari forum tersebut berkaitan dengan produk ekspor dan potensi investasi di Indonesia. Pada kesempatan tersebut potensial partner sudah melakukan ekplorasi potensi yang ada di masing-masing daerah, meski belum ada perjanjian. Di sisi lain, potential partner juga sudah mengindikasikan berbagai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

"Program itu menjadi inisiatif daerahnya masing-masing dalam rangka mengakselerasi dan menyinergikan pertumbuhan ekonomi, serta peluang kerja sama nasional maupun internasinal dengan para potential partner," jelas Taufik.

Pada acara bertema "Membangun daerah dengan ekonomi syariah" ini, potential partner disiapkan KNKS sebagai calon-calon investor dari sisi demand.

Pembukaan Executive Leaders Forum dibuka oleh Deputie Bidang Ekonomi Bappenas Bambang Prijambodo. Sementara peserta yang hadir yakni dari Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Sumatra Selatan, Banten, Aceh, Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sementara potential partner yang hadir, di antaranya Dubai Islamic Development Center, Islamic Development Bank, dan CFO Club.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman, Achi Hartoyo
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya