IDEN
Acara Ekonomi Syariah Indonesia Harus Masuk Kalender Internasional
02 November 2019

JAKARTA, KNKS - Dalam upaya memajukan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia perlu melakukan segala perbaikan dalam segala hal, termasuk dalam mengadakan suatu kegiatan ekonomi dan keuangan syariah.

Vice Chairman Of Indonesia Halal Lifestyle Center Jetti Rosila Hadi mengatakan acara ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus masuk kalender internasional.

“Tentukan acara mana yang berskala internasional, masukan kalender internasional. Tercatat acara internasional yang dibuat Indonesia, di bulan apa dan akan melakukan apa dalam acara tersebut,” jelasnya, di Focus Group Discussion (FGD) Implementation plan, di the Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Rabu (9/10).

Dari Januari hingga Desember, kalender internasional sudah jelas terjadwal negara mana yang mengadakan acara ekonomi dan keuangan syariah.

Menurutnya, Indonesia sudah sangat tertinggal dalam menyelenggarakan acara internasional. Beberapa negara sudah rutin meneggelar acara internasional sejak lama. Misalnya Malaysia sudah 16 tahun mengadakan Malaysia International Halal Showcase (Mihas), kemudian Brazil sudah delapan tahun mengadakan Halal Expo standar internasional.

Di Indonesia sendiri, sebetulnya setiap bulan ada saja lembaga-lembaga yang mengadakan acara ekonomi dan keuangan syariah, hanya saja dalam skala kecil, bukan internasional. Acara seperti itu tidak memberikan keuntungan kepada negara.

Maka dari itu diperlukan kegiatan internasional. Diperlukan inventarisir siapa yang mengadakan dan bagaiamana itu menjadi kegiatan yang berdampak kepada negara.

Dengan acara internasional, negara lain akan mengetahui Business to Business dengan Indonesia. Sementara jika skalanya kecil, negara lain tidak melihat Indonesia. Hal itu akan merugikan Indonesia.

Sementara itu, Direktur Hukum, Promosi dan Hubungan Eksternal Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Taufik Hidayat mengatakan tahun ini Indonesia akan menyelenggarakan acara ekonomi dan keuangan syariah bertaraf internasional yakni Indonesia Sharia Economic Festival atau ISEF 2019.

“KNKS bersama Bank Indonesia (BI) akan menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival atau ISEF 2019. Rencananya akan diselenggarakan November 2019, di Jakarta,” ungkap Taufik.

Pada pagelaran ini dilakukan kerjasama internasional, KNKS sudah menjajaki dengan beberapa lembaga di Timur Tengah.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya