IDEN
KNKS Mengajak KSEI SEF Menyampaikan Ekonomi Syariah ke Masyarakat
09 July 2019

Depok, KNKS - Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNKS, Sutan Emir Hidayat, memberikan materi Kuliah Informal Ekonomi Syariah (KIES) kepada mahasiswa/i di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, Selasa (9/7/19).

Dalam kesempatannya, Emir menjelaskan perbedaan antara bank Syariah dengan bank Konvensional mengacu pada laporan keuangan kedua bank. “Pada bank konvensional, pinjaman dengan bunga, keduanya berada pada sisi asset dan liabilitis. Sedangkan, pada bank syariah, penjualan dengan profit ada pada sisi asset, investasi dan pinjaman tanpa bunga ada pada sisi liabilitis,” jelas Emir.

Penyelenggaraan KIES ini sangat bermanfaat, mengingat pada kampus ini belum ada Program Studi Ekonomi Syariah. KIES diselenggarakan oleh Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) bernama Sharia Economics Forum yang biasa dikenal dengan SEF.

Sebanyak 65 peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa dan umum. Mahasiswa sangat antusias dan interaktif karena Emir membawakan materi dengan asik dan menarik, tidak membosankan.Materi yang disampaikan mulai dari sejarah munculnya perbankan syariah, dasar hukum perbankan syariah berdasarkan Al-Quran dan Hadits serta Hukum Positif, perbedaan Bank Syariah dengan Konvensional, Mekanisme Perbankan Syariah, serta Kondisi Perbankan Syariah di Indonesia.

Mahasiswa menjadi mengerti setelah mendengarkan materi dari Emir terkait konsep dasar Perbankan Syariah, walaupun latar belakangnya bukan dari jurusan Ekonomi Syariah.

Sebelum berakhir, Emir menyampaikan pesan-singkat kepada para mahasiswa, “Kalian punya tanggungjawab untuk meneruskan ilmu yang sudah saya jelaskan, untuk dapat mengajak keluarga serta kerabat untuk menggunakan bank syariah,” tutup Emir.

 

Penulis: Annissa Permata
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya