IDEN
Ekonomi Syariah Sebagai Era Baru Ekonomi Jawa Timur
12 July 2019

JAKARTA, KNKS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) melakukan kunjungan ke kantor KNKS pada Jumat (13/7/2019).

Dalam kunjungan tersebut hadir Wakil Ketua DPRD Jatim Tjutjuk Sunario, Ketua Komisi B DPRD Jatim Firdaus Fibriyanto, Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim Nugroho, Anggota Komisi DPRD Jatim, dan perwakilan dari Dinas Koperasi UKM Jatim. Turut hadir pula Direktur Keuangan Inklusif, Dana Sosial Keagamaan dan Keuangan Mikro Syariah Ahmad Juwaini, Direktur Pendidikan dan Riset KNKS Sutan Emir Hidayat, dan jajaran analis KNKS.

Tjutjuk menjelaskan kunjungan tersebut adalah untuk berdiskusi terkait ekonomi dan keuangan syariah. “Ekonomi syariah dan industri halal harus bisa digalakkan, khususnya di Jawa Timur. UMKM halal dan bank syariah harus didorong agar bisa kontribusi pada ekonomi nasional.” Kata Tjutjuk.

Nugroho kemudian menambahkan DPRD Jatim ingin belajar lebih banyak tentang Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-20124.

“Ingin tau roadmap yang dibuat KNKS beserta akses dan implementasinya di perekonomian Jawa Timur. Jika digarap dengan serius, kekuatan syariah sangat luar biasa besar,” kata Nugroho.

Harapannya KNKS bisa datang ke Jatim untuk mendampingi program peningkatan ekonomi syariah Jatim. “KNKS mendampingi Pemerintah Jatim untuk implementasi ekonomi syariah di Jatim, mengingat potensi syariah di Jatim sangat besar,” ujar Nugroho.

Emir menanggapi KNKS akan dengan senang hati bersinergi dengan Pemerintah Jatim untuk dorong perkembangan ekonomi syariah di Jatim. “Silakan kirim undangan kepada kami, kami siap terjun ke Jatim untuk pengembangan ekonomi syariah,” kata Emir.

“Jika ada daerah Jatim yang bisa dijadikan pilot project dari program ekonomi syariah, silakan disampaikan,” kata Ahmad menambahkan penjelasan Emir.

Penulis: Ishmah Qurratu’ain
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya