IDEN
Universitas Pancasila Siap Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Syariah
02 July 2019

JAKARTA, KNKS – Universitas Pancasila (UP) berkunjung ke kantor Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS)  mendiskusikan pengembangan pendidikan dan riset di bidang ekonomi dan keuangan syariah, Selasa (2/07/2019).

Pertemuan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UP Sri Widyastuti beserta enam timnya. KNKS diwakili oleh Direktur Hukum, Promosi, dan Hubungan Eskternal Taufik Hidayat dan Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah Sutan Emir Hidayat, beserta jajaran analis.

“FEB UP saat ini sedang mengembangkan konsentrasi bisnis syariah. Konsentrasi terdiri dari S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Perpajakan, D3 Akuntansi yang mana rencananya nanti akan ada konsentrasi bisnis syariah, sekarang masih tahap penyusunan,” Ujar Mulyadi, Kepala Prodi Manajemen.

“Terkait riset sangat membutuhkan hasil yang berorientasi pada problem solving bukan sekedar teori saja. Untuk meningkatkan kapasitas peneliti, program kompetensi peneliti ini nantinya bisa mengarah kepada sertifikasi,” lanjut Mulyadi.

Sutan Emir menyampaikan, “KNKS memiliki program unggulan, antara lain standarisasi kurikulum ekonomi syariah untuk S1, program KKN ekonomi syariah, peningkatan kapasitas peneliti ekonomi syariah Indonesia,dan program riset yang saat ini sedang digarap adalah kajian halal value chain, islamic business case study, serta yang menjadi Quick Wins antara lain ada bulletin INSIGHT dan One Data Center.”

Dekan FEB UP berharap dapat kolaborasi dengan KNKS, antara lain pengembangan sektor pariwisata halal. Menurutnya, pariwisata halal ini perlu indikator-indikator penilaian, “Universitas Pancasila bisa membantu untuk merumuskan hal tersebut.”

Sinergi dan kolaborasi ini memang penting, “Kita juga perlu sinergi agar tercapai fungsi link and match antara stakeholder terkait,” kata Taufik. KNKS dan UP berkomitmen untuk menuangkan dalam bentuk MoU. "Semoga penandatanganan MoU bisa bertepatan dengan Acara Launching Pusat Kajian Ekonomi Syariah Universitas Pancasila,” Pungkas Sri.

Penulis: Annissa Permata & Ishmah Qurratu’ain
Redaktur Pelaksana : Achmad Iqbal

Berita Lainnya