IDEN
Presiden Himbau Umat Muslim dan Pejabat Negara Tunaikan Zakat melalui BAZNAS
29 March 2023

Jakarta, KNEKS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Ketua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menunaikan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada saat acara penyerahan Zakat Istana yang bertajuk "Berkah Berzakat: Terima Kasih Muzaki, Terima Kasih Mustahik" di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/3).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

Turut serta hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Lembaga Tinggi Negara, Direksi BUMN, Pejabat Kementerian Lembaga, serta Kepala Daerah.

Acara penyerahan Zakat Istana diselenggarakan secara hybrid dan disiarkan langsung oleh iNews TV dan kanal YouTube BAZNASTV. 

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa zakat sebagai wujud rasa syukur dengan berbagi rezeki kepada saudara kita yang membutuhkan.

Zakat juga dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem, sehingga Presiden mengimbau kepada seluruh umat islam khususnya pejabat, aparatur sipil negara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan seluruh kepala daerah untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui BAZNAS sehingga dana zakat dapat dikelola secara profesional dan transparan.

Penulis: Alvina Syafira Fauzia
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya