IDEN
Digitalisasi Ekosistem Ekonomi Syariah
16 Desember 2022

Bali, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkesempatan hadir dalam agenda “Seminar Nasional Outlook 2023 & BPRS Awards” di Bali, Jum’at (9/12). Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diselenggarakan oleh Kompartemen Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo).

Dalam hal ini KNEKS hadir mengisi Seminar Nasional tersebut diwakili oleh Afdhal Aliasar selaku Direktur Industri Produk Halal dengan mengambil tema “Akselerasi Sinergi BPRS dengan Ekosistem Syariah berbasis Digitalisasi” Afdhal menyampaikan perihal bagaimana pengaruh pengaktifan transaksi keuangan digital dalam ekosistem ekonomi islam. “Memperluas keuangan Islam tidak akan mungkin terjadi jika kita tidak memberikan perhatian yang serius pada pengembangan ekosistem bisnis dan ekonomi Islam” ujar Afdhal.

Sejalan dengan Afdhal, Dadang Hermawan selaku Rektor ITB Stikom Bali menyampaikan semakin berjalannya waktu, digitalisasi juga menawarkan kemudahan dalam mengakses nya dan biaya yang terjangkau serta kecepatan aksesnya. Namun literasi perihal digitalisasi tersebut perlu untuk terus ditingkatkan karena dinilai masih rendah dan belum sesuai dengan populasi yang ada di Indonesia. Hal ini mengundang peran dari BPRS juga untuk mengenalkan digitalisasi kepada para nasabahnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir juga Nurianto selaku Pengusaha Agribisnis Dewan Pakar MES. “Digitalisasi terutama dalam hal marketing merupakan sebuah gerakan baru dan sangat popular bagi para UMKM terutama dengan adanya pandemic covid. BPRS dapat hadir dalam peluang untuk memberikan bantuan KUR melalui digitalisasi agar lebih mudah, karena KUR masih menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM” pungkas Nurianto.

Perhelatan Rakernas ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar Asosiasi kompartemen BPRS dalam menunjang dan mencari model pertumbuhan bisnis dari industri BPRS ditanah air dan merupakan perwujudan dari mekanisme organisasi dalam melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja yang telah ditetapkan pada tahun 2022.

Penulis: Nurcahyani
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya