IDEN
Menteri Keuangan Melaporkan Persiapan Pleno KNEKS kepada Wakil Presiden RI
19 Desember 2022

Jakarta, 20 Desember 2022 - Menteri Keuangan selaku Sekretaris KNEKS melaporkan persiapan Rapat Pleno KNEKS kepada Wakil Presiden RI selaku Ketua Harian KNEKS di kediaman Wakil Presiden RI Senin, 19 Desember 2022. 
Rapat Pleno ketiga KNEKS yang merupakan amanah dari Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2020 tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Desember 2022 dengan agenda evaluasi program kerja pemerintah mengenai pengembangan ekonomi syariah beserta pembahasan tindak lanjutnya. 

Beberapa program kerja tersebut antara lain percepatan sertifikasi halal bagi pelaku usaha mikro dan kecil, pembangunan infrastruktur dengan skema KPBU syariah, transformasi pengelolaan wakaf nasional, dukungan ekspor bagi UKM industri halal, serta penguatan kelembagaan untuk pengembangan ekonomi syariah oleh pemerintah daerah.

Rapat Pleno KNEKS kali ini mengusung tema “Wujudkan Indonesia Menjadi Produsen Halal Terkemuka di Dunia” ini akan dilaksanakan di Istana Wakil Presiden yang dihadiri oleh 16 Anggota KNEKS yang terdiri dari pimpinan kementerian/ lembaga, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Majelis Ulama Indonesia, serta Kamar Dagang dan Industri. Rapat Pleno KNEKS diharapkan mampu mempercepat inisiatif pengembangan ekonomi syariah oleh seluruh pihak terkait untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka dunia.

KNEKS atau Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah merupakan lembaga non struktural yang dipimpin Presiden dan Wakil Presiden yang secara khusus bertugas mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka mendukung ketahanan ekonomi nasional. Pembentukan KNEKS merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam mengelola potensi ekonomi syariah agar dapat berkontribusi secara optimal pada perekonomian nasional sesuai kondisi perekonomian dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut, Menteri Keuangan didampingi Plt Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat, Plt Kepala Sekretariat KNEKS Oza Olavia, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi.
Sementara Wapres di dampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

***

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Inza Putra - Kepala Divisi Promosi dan Kerja Sama Strategis
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)
Gedung Permata Kuningan Lantai PH
Jl. Kuningan Mulia kav. 9C, Jakarta 12830
Telepon: (021) 80683349  |  Email: inza.putra@kneks.go.id  |  www.kneks.go.id

Berita Lainnya