IDEN
SCF Syariah Memperkuat Peran Inkubator Bisnis
15 Juli 2022

Bandung, KNEKS - KNEKS bersama OJK, ALUDI, IDX Jabar, PW MES Jabar, KADINDA Jabar dan BPD HIPMI Jabar menyelenggarakan Workshop Securities Crowdfunding (SCF) Syariah bertempat di Hotel Aryaduta Bandung, Sabtu (02/07). Pelatihan diikuti oleh 20 peserta yang merupakan pelaku usaha dan  dihadiri perwakilan inkubator bisnis berbasis swasta dan perguruan tinggi seperti Founders of Talent (FOTA) dan Oorange – Universitas Padjajaran. 

CEO Founders of Talent (FOTA), Dr. Ida Hindarsyah, S.Sos., M.Si sebagai salah satu perwakilan inkubator bisnis juga turut hadir, meyakini ekosistem inkubator bisnis khususnya isu permodalan dan pendanaan akan semakin matang dengan hadirnya pilihan sumber modal baru dari SCF syariah.  

Fenomena menarik tengah terjadi di masyarakat Indonesia, dimana adanya pergesaran pola manajemen keuangan dari saving society menuju investment society sehingga mendorong pertumbuhan jumlah investor & kapitalisasi pasar modal. Pernyataan ini disampaikan oleh Reza Sadat selaku Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Barat yang juga memiliki program inkubasi bisnis di IDX Incubator dalam sambutannya. Hal ini sejalan dengan hadirnya SCF Syariah yang diharapkan akan memperkuat ekosistem Inkubasi bisnis UMKM Industri Halal. 

Salah satu alasan kenapa workshop ini dilaksanakan adalah agar literasi pelaku usaha dan inkubator bisnis mengenai sumber permodalan/pendanaan berbasis digital terus meningkat  terus meningkat, khususnya melalui SCF syariah. Kegiatan ini juga diharapkan menambah animo partisipasi pelaku usaha industri halal dalam menerbitkan saham dan sukuk melalui SCF syariah. “Kami harap kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang hadir sebagai alternatif dalam mencari sumber modal, dan terjadi business matching antara pelaku usaha yang dibina oleh Inkubator Bisnis dengan penyelenggara SCF” ucap Zaenal Aripin, Ketua Pengurus Wilayah MES Jawa Barat​ dalam sambutannya. 

Kegiatan ini dibuka oleh Helma Agustiawan selaku Deputi Direktur Inkubasi Bisnis Syariah KNEKS. Pada sambutan nya, Helma berharap kegiatan ini dapat memperkuat ekosistem UMKM Industri Halal melalui sinergi Inkubator bisnis dengan sumber – sumber permodalan/pembiayaan syariah baru melalui SCF Syariah bagi UMKM khususnya di sektor industri halal serta melihat ketertarikan pelaku usaha yang cukup tinggi, diharapkan agar program ini dilanjutkan oleh berbagai pemangku kepentingan khususnya di Jawa Barat. “Kami (KNEKS) ingin workshop ini agar dapat di teruskan oleh stakeholders di Jawa Barat sehingga bisa dimanfaatkan oleh incubator bisnis untuk mengembangkan tenant/pelaku usaha binaannya dalam mencari solusi permodalan/pembiayaan usahanya” ujar Helma dalam pembukaannya. 

Workshop SCF Syariah ini menghadirkan narasumber langsung dari OJK sebagai regulator dan para penyelenggara SCF yaitu Bizhare, Shafiq dan Fundex. Materi yang disampaikan berupa pengenalan SCF syariah, persiapan penerbitan saham dan sukuk serta pelaporan usaha dan pembagian deviden/imbal hasil. 

Dalam kaitannya dengan upaya penguatan UMKM industri halal, SCF syariah menjadi bagian penting pada program Inkubasi bisnis syariah yang telah diluncurkan oleh KNEKS seperti penerbitan 8 Modul Inkubasi Bisnis Syariah. KNEKS telah mengimplementasikan modul tersebut pada kelas – kelas pelatihan pada pemangku kepentingan dari lingkup Kementerian/lembaga negara maupun pihak swasta dan UMKM yang siap diharapkan menjadi penerima manfaat program SCF syariah ketika penambahan modal dibutuhkan sehingga aksi kapitalisasi yang dijalankan UMKM industri halal semakin matang dengan kapasitas usaha yang telah naik kelas.

Penulis: Haris Rahmat Pratama
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya