IDEN
Pengembangan Kuliner dan Makanan Halal Indonesia melalui Halal Food Forum
17 Pebruari 2022

Jakarta, 17 Februari 2022 - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyelenggarakan Halal Food Lifestyle Forum 2022 pada Kamis (17/2) secara hybrid, yaitu luring di Ayana Midplaza Hotel Jakarta dan daring di kanal Youtube KNEKS.

Forum ini dibuka dengan sambutan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Direktur Eksekutif KNEKS Ventje Rahardjo, diikuti juga oleh CEO CrescentRating and Halal Trip, Fazal Bahardeen yang memberikan ikhtisar mengenai Indonesia Halal Food Lifestyle Report 2021.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari laporan “The Mastercard-CrescentRating Halal Food Lifestyle Indonesia Report 2021” yang dikembangkan KNEKS bersama Mastercard dan CrescentRating. Tujuan utama forum ini adalah untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai gaya hidup makanan dan kuliner halal.

Selain sebagai ajang literasi, acara ini juga bertujuan untuk menampilkan secara garis besar lanskap makanan dan masakan halal yang beragam di Indonesia, serta peran teknologi dan digitalisasi terhadap perubahan tren perilaku konsumen kuliner halal, kesejahteraan konsumen dan perlindungan lingkungan.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menyatakan bahwa populasi muslim di tahun 2030 akan menjadi 23% populasi dunia, hal tersebut merupakan target pasar yang sangat potensial dan khususnya permintaan di sektor industri kuliner halal. “Jadilah produsen jangan hanya menjadi konsumen, jadilah agen perubahan jangan menjadi kaum rebahan.” Ucap dia.

Adapun Ventje dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya Halal Food Lifestyle Forum 2022 ini, menjadi insights yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelaku di industri makanan dan kuliner halal, serta katalis bagi program-program pengembangan industri makanan dan minuman halal di Indonesia. Selain itu, acara ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam upaya pengembangan ekonomi syariah dan industri halal Indonesia ke depannya.

Forum ini berfokus pada ulasan mengenai kebijakan dalam strategi pengembangan industri kuliner halal yang dikemas dalam dua sesi diskusi panel. Tema diskusi tersebut adalah 1) Overcoming Challenges and Opportunity in Indonesia Halal Food Ecosystem dan 2) Knowing What Indonesian Eats (Consumer Preference Overview).

Pembicara dalam panel diskusi berasal dari praktisi, pelaku usaha dan industri, influencer, serta stakeholder lainnya, yaitu sesi pertama diisi oleh 1) Rizky Handayani Mustafa, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2) Afif Malik Direktur Utama Rasuna Garden, 3) Novita Christian, GM Operational Boga Group, dan 4) Muhammad Suherman, Ketua Chef Halal Indonesia. Sesi kedua diisi oleh 1) Chef Adie Miartadi, President of ICCI, 2) Nitya Wulandari, Chief Food Officer GoFood, 3) Donny Fernando, Head of Group Layanan Syariah LinkAja, 4) Ammar Zoni, CEO Halal Export Indonesia, dan 5) Bang Anca, Halal Food Influencer.

Sebagai informasi, “The Mastercard-CrescentRating Halal Food Lifestyle Indonesia Report 2021” dapat diakses melalui link https://s.id/-HalalFoodReport2021.

***

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Inza Putra - Kepala Divisi Promosi dan Kerja Sama Strategis
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)
Gedung Permata Kuningan Lantai PH
Jl. Kuningan Mulia kav. 9C, Jakarta 12830
Telepon: (021) 80683349  |  Email: inza.putra@kneks.go.id  |  www.kneks.go.id

 

Berita Lainnya