IDEN
KNEKS Memfasilitasi Penguatan Pembinaan UMKM Industri Halal
30 Juli 2021

Jakarta, KNEKS - KNEKS bekerja sama dengan 5 Inkubator Bisnis perguruan tinggi (UI, ITB, IPB, Universitas Padjajaran dan Tazkia) dan BSI Corporate University menyelenggarakan Workshop Uji Materi Ajar 8 Modul Dasar Pembinaan UMKM Industri Halal. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yakni pada Rabu-Kamis (21-22/7) yang dihadiri 23 Lembaga Inkubator dan perusahaan UMKM sebagai  responden ahli. Secara keseluruhan jumlah peserta yang hadir sebanyak 78 orang.

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal sebelum modul pembinaan akan digunakan dalam pelatihan dan bimbingan kepada UMKM Industri halal. “Harapannya modul-modul dasar ini dapat digunakan untuk pelatihan dan pembinaan bagi para pelaku UMKM Industri halal, materi dasar ini merupakan langkah awal untuk memulai pilot project sinergi akselerasi pengembangan UMKM Industri Halal,” ujar Putu selaku Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS.

Kementrian Koperasi dan UKM memberikan apresiasi kepada KNEKS atas pelaksanaan workshop sebagai upaya peningkatan kapasitas pelaku UMKM Industri Halal. “Apresiasi sekali dengan adanya penyelenggaraan workshop selama 2 hari ini sebagai wujud peran KNEKS dalam mengakselerasi pengembangan kebijakan dan program strategis yang mampu meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan Syariah kepada dunia usaha khususnya koperasi dan UMKM. Hal ini agar harapan untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub ekonomi syariah dunia dapat terwujud,” ujar Rahmadi, Asisten Deputi Perlindungan & Kemudahan Usaha Mikro, Kemenkop & UKM.

“Selain itu, workshop ini juga merupakan langkah tepat untuk memberikan landasan atau acuan dalam upaya peningkatan kapasitas ataupun edukasi bagi dunia usaha dan pelaku UKM secara luas dan pengembangan industri halal,” kata Rahmadi melanjutkan.

Penyelenggaraan workshop ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dari Modul dasar yang telah disusun dari Responden Ahli. KNEKS mengundang responden Ahli dari berbagai pelaku UMKM dari berbagai komunitas. Banyak masukkan membangun dari Responden Ahli untuk menyempurnakan modul yang telah dipresentasikan.

“Dari masukan-masukan yang diberikan bapak-ibu sejak kemarin dan hari ini, Insya Allah akan semakin mengerucut hasilnya dan lebih tepat sasaran bagi pengembangan kapabilitas UMKM di Indonesia tentang bagaimana melakukan manajemen bisnis berbasis syariah, serta peningkatan literasi ekonomi Syariah kepada pelaku usaha,” ujar Vera, Deputi Direktur Inkubasi Bisnis Syariah KNEKS.

Penulis: Vikha, Vera, Iqbal
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya