IDEN
KNEKS, iPORTAL dan Bank Syariah Indonesia Gelar Startup Pitch Competition 2021
11 Mei 2021

Jakarta, KNEKS - Dewasa ini, perkembangan teknologi tak luput dari sumbangsih pertumbuhan ekonomi. Sejak abad ke-20, dunia digital tumbuh dengan sangat pesat dan membantu pemenuhan kebutuhan generasi yang lahir pada tahun tersebut. Teknologi digital menghasilkan model bisnis generasi baru dimana penemuan produk fisik, artefak digital, platform dan infrastruktur dibuat melalui kode dan program.

Teknologi diadopsi guna meningkatkan sektor perekonomian negara. Adanya ekonomi digital tentu membutuhkan infrastruktur yang memadai, mulai dari ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, riset yang mendukung untuk pengembangan dan inovasi, regulasi, serta literasi dan juga keterampilan yang harus dimiliki dan dipahami oleh masyarakat umum. Akan tetapi, dalam pengembangan ekonomi digital tak luput dari tantangan yakni salah satunya permasalahan literasi dan keterampilan berwirausaha berbasiskan digital.

Hal ini juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif ME KNEKS Ventje Rahardjo dalam Launching of Startup Pitch Competition Indonesia 2021, Selasa (11/5). “Kewirausahaan merupakan masalah penting dalam perekonomian negara berkembang. Kemajuan atau kemunduran ekonomi bangsa ditentukan oleh keberadaan dan peran kelompok pengusaha ini,” ujar Ventje Rahardjo.

Salah satu strategi yang dapat diadopsi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengadakan kompetisi kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama dengan iPORTAL dan Bank Syariah Indonesia menyelenggarakan Startup Pitch Competition Indonesia 2021. 

Peluncuran Startup Pitch Competition Indonesia 2021 diadakan via Zoom Meeting, pukul 09.00 - 11.00 WIB. Acara ini diawali dengan sambutan dari Dr. Rushdi Siddiqui selaku CEO/Co-Founder iPORTAL Live Sdn. Bhd, Ventje Rahardjo selaku Direktur Eksekutif KNEKS, dan Abdullah Firman Wibowo selaku Wakil Direktur Utama PT. Bank Syariah Indonesia Tbk. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendorong lahirnya ide-ide bisnis baru yang inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi oleh para mahasiswa di Indonesia serta terciptanya sinergi antara pemangku kepentingan di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Ikhtiar ini dilakukan guna mendorong percepatan ekonomi digital syariah serta meningkatkan literasi ekonomi syariah dan digital di kalangan masyarakat.

Startup Pitch Competition Indonesia 2021 ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia baik secara kelompok maupun individu. Adapun total hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 13.500.000 untuk 3 pemenang dan mendapatkan kesempatan sesi mentoring serta terhubung dengan berbagai angel investor, venture capital, dsb. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses laman bit.ly/StartupCompetitionIndonesia dan untuk melakukan registrasi kompetisi dapat mengakses link bit.ly/StartupPitchSubmission.

Penulis: Annissa Permata & Putri Aulia Sari

Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu’ain

Berita Lainnya