IDEN
Peluncuran Buku "Impacts of The COVID-19 Outbreak on IF in The OIC Countries
04 June 2020

Jakarta, 3 Juni 2020 – Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bekerja sama dengan DinarStandard dan Salaam Gateaway meluncurkan Buku "Impacts of the Covid-19 Outbreak on Islamic Finance in the OIC Countries" pada Jum’at (22/5). Buku ini merupakan kontribusi nyata KNEKS dalam memperkaya khazanah pengetahuan mengenai dampak pandemi Covid19 terhadap keuangan Syariah, serta solusi dan rekomendasi yang ditawarkan di berbagai negara yang mewakili 87% aset keuangan syariah di seluruh dunia. Publikasi ini dikemas dalam 13 artikel yang disusun oleh 24 penulis dan 3 editor dari 12 negara (Bahrain, Bangladesh, Brunei Darussalam, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Oman, Pakistan, Saudi Arabia, Turkey, Uni Emirat Arab).

Ventje Rahardjo, Direktur Eksekutif KNEKS, dalam sambutannya berharap buku ini dapat memberikan referensi mengenai peluang dan tantangan keuangan Syariah dalam era pandemi Covid19 berdasarkan perspektif 12 negara OKI yang terlibat. Harapannya buku ini menjadi rekomendasi bagi para pemangku kepentingan, terutama di negara-negara OKI, dalam pengambilan kebijakan terkait pemulihan kondisi keuangan syariah pasca era pandemi Covid-19. 

Buku ini menyajikan analisis data, tanggapan dan solusi dari dampak COVID-19 pada keuangan syariah yang dibahas berdasarkan perspektif para praktisi, akademisi, dan industri terkait. Sektor keuangan yang dibahas dalam buku ini mencakup sektor perbankan, pasar modal, dan industri keuangan non-bank (IKNB). Berdasarkan data S&P Global BMI, selama Q1 2020, ekuitas global turun 22,3%. Selain itu, berdasarkan proyeksi pertumbuhan PDB terakhir yang disesuaikan untuk tahun 2020, pertumbuhan perekonomian negara-negara OKI akan mengalami penurunan, dengan proyeksi penurunan terbesar terjadi di Turki, Malaysia, dan Oman.

***

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Achmad Iqbal - Hubungan Eksternal
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)
Gedung Permata Kuningan Lantai PH
Jl. Kuningan Mulia kav. 9C, Jakarta 12830
Telepon: (021) 80683349  |  Email: humas@kneks.go.id  |  www.kneks.go.id

Berita Lainnya