IDEN
KNKS Akan Dorong Ekspor Produk UMKM ke Timur Tengah Lewat ISEF  
12 November 2019

Jakarta, KNKS - Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) akan segara digelar. Perhelatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 12-16 November 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Afdhal Aliasar mengatakan, pada pagelaran ISEF tersebut, KNKS direncanakan akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Dubai Islamic Economy Development Center pada 14 November 2019.

“Memang, ini KNKS ada target untuk bisa kerja sama dengan mereka, karena kami ingin potensi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Indonesia mulai membuka Pasar ke Timur Tengah,” ucapnya menegaskan di Jakarta, Senin (4/11).

Ia menjelaskan, beragam produk yang ada di negara di Timur Tengah hampir semuanya merupakan barang impor. Mereka tidak kuat dalam sisi manufaktur. Selama ini, produk impor yang mereka dapatkan berasal dari Thailand dan Filipina. Sementara, produk impor yang berasal dari Indonesia jumlahnya sangat sedikit.

Karenanya, melalui kerja sama dengan Dubai Islamic Economy Development Center (DIEDC), menjadi pintu masuk bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke Timur Tengah.

“Jalinan kerja sama ini dapat memudahkan produk halal Indonseia bisa masuk ke pasar Timur Tengah. Harapan kami akan lebih kuat ke sana,” tambah Afdhal.

Pagelaran ISEF kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, ISEF tidak hanya diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI), tetapi juga dengan KNKS. Selain itu, acara ISEF selama ini berskala nasional, sementara tahun ini akan dibuat dengan skala internasional.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman, Achi Hartoyo
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya