IDEN
KNKS Kunjungan ke Mataram Kembangkan Wisata Muslim Friendly
05 November 2019

JAKARTA, KNKS - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) melakukan kunjungan ke Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (31/11). Kunjungan itu dilakukan untuk melihat bagaimana potensi industri halal, khususnya di bidang pariwisata.

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar menjelaskan, saat ini KNKS tengah menjajaki Mataram sebagai daerah yang maju di bidang pariwisata. Nantinya, KNKS bisa menjadikan Mataram sebagai daerah percontohan dan bisa diterapkan di daerah lainnya.

“Suatu pengalaman (dari Mataram) yang mungkin bisa di-share ke daerah lain dalam mengembangkan wisata Muslim friendly, karena di Indonesia destinasi di daerah lain banyak yang bisa juga dikembangkan,” katanya mengaskan, di sela Focus Group Discussion (FGD) ke-3 Implementation plan, di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (4/11).

Afdhal mengungkapkan, sekarang ini kebutuhan pasar wisata Muslim meningkat. Ini diperlukan aksi yang benar agar potensinya bisa digarap dengan maksimal. “Bagaimana cara memfasilitasi supaya Muslim travelers yang berkunjung ke daerah destinasi bisa mendapatkan layanan yang baik, dari layanan hotel, akomodasi, transportasi, kemudian juga atraksi yang memang sesuai dengan apa yang mereka inginkan,” tutur Afdhal.

Lebih lanjut, ia mengatakan, KNKS perlu memperhatikan segala aspek yang dibutuhkan Muslim travelers, seperti makanan halal, tinggal di hotel yang fasilitas ibadahnya mudah, dan atraksi yang sehat buat keluarga. Ke depan, KNKS dengan pemerintah daerah akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Majelis Ulama Indonesia dalam upaya mengembangkan wisata Muslim di Indonesia.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman, Achi Hartoyo
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya