IDEN
Tingkatkan Ekonomi Syariah di Bener Meriah, Pemkab Bener Meriah MoU dengan KNKS
01 November 2019

BENER MERIAH, KNKS - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) kembali mengunjungi Bener Meriah, Aceh, dalam rangka menjawab undangan Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, untuk mengembangkan daerah Bener Meriah dengan ekonomi syariah.

Dalam kunjungan ini, dilakukan kerja sama antara KNKS dan Pemerintah Kabupaten (Pembkab) Bener Meriah. Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan antara Direktur Bidang Keuangan Inklusif, Dana Sosial Keagamaan, dan Keuangan Mikro Syariah KNKS Ahmad Juwaini dan Sarkawi, Kamis (24/10).

Juwaini menjelaskan, KNKS melakukan kunjungan yang kedua dalam rangka MoU dan sosialisasi hasil kajian awal kepada Pemkab Bener Meriah.

“MoU kerja sama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Kabupaten Bener Meriah dengan berbasis pada potensi ekonomi lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya menegaskan.

Setelah MoU dilakukan, KNKS mempresentasikan report kajian rekomendasi kepada bupati dan jajarannya. Report tersebut mengangkat tema “Kopi sebagai Lokomotif Penggerak Ekonomi dan Keuangan Syariah Kabupaten Bener Meriah”.

Report tersebut mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi dari Pemkab Bener Meriah. Sarkawi mengaku senang atas kehadiran KNKS. “Saya sangat bersyukur KNKS dapat kembali mengunjungi Bener Meriah, ini adalah rahmat” sambungnya.

Sarkawi menyampaikan, Bener Meriah sangat membutuhkan bimbingan dan pendampingan dari KNKS dalam mengembangkan daerahnya melalui ekonomi syariah.

Selanjutnya, Kabupaten Bener Meriah akan melakukan penyusunan program percepatan quick wins pengembangan ekonomi syariah di Kabupaten Bener Meriah dari berbagai sektor. Target dari setiap program yang direncanakan harus tercapai maksimal dalam satu tahun ke depan.

Dalam pertemuan tersebut, turut dihadiri Sekretariat Daerah Bener Meriah, beberapa kepala dinas terkait, Baitul Mal Bener Meriah. Kepala Divisi Dana Sosial Keagamaan Urip Budiarto, Kepala Divisi Keuangan Mikro Syariah Bagus Aryo, Analis Utama Keuangan Mikro Syariah Arief Aditya, Analis Kebijakan Industri Halal Yopi Nursali, Analis Standardisasi dan Sertifikasi Halal Eva Afifah Tsurayya, Staf Analis Dana Sosial Keagamaan Amrial, Staf Analis Pergadangan dan Halal Supply Chain Abiyyah.

Penulis: Amrial
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya