IDEN
KNKS Targetkan Indonesia Masuk 3 Besar Ekonomi Syariah Dunia 2024
14 September 2019

Banjarmasin, KNKS – Afdhal Aliasar selaku Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS menyebutkan target di tahun 2024 Indonesia menduduki peringkat 3 (tiga) besar ekonomi ssyariah dunia. Hal itu diungkapkan Afdhal dalam acara Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) bersama KNKS di Banjarmasin (12/09/2019).

Target tersebut merupakan mandat dari Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024 yang diluncurkan Presiden Jokowi 14 Mei lalu. “Targetnya Indonesia harus bisa menjadi minimal 3 besar, kalau bisa nomor 1 pusat ekonomi Syariah dunia pada 5 tahun mendatang,” ujar Afdhal.

Afdhal menjelaskan hal tersebut merupakan pekerjaan besar. Khususnya untuk KNKS, BI, dan seluruh pemangku kebijakan terkait. Seluruh masyarakat Indonesia juga diharapkan dapat berperan aktif dalam pencapaian target ini.

“Program-program KNKS saat ini dirancang untuk mencapai Indonesia masuk 3 besar pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia. Itu sudah menjadi salah satu tujuan KNKS.” Kata Afdhal.

Dalam acara Fesyar tersebut Afdhal juga menjadi pembicara dalam salah satu rangkaiannya. Menurut dia acara seperti Fesyar sangatlah bagus karena bisa membangkitkan motivasi pelaku industri ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka roadshow menuju International Shari’a Economics Festival (ISEF) 2019 yang akan diselenggarakan di Jakarta November mendatang.

Penulis: Ishmah Qurratu’ain
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya