IDEN
KNKS Godok Digital Payment Sharia
27 August 2019

Jakarta, KNKS - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) segera melakukan soft launching sharia digital payment system sebagai langkah awal mewujudkan Indonesia sebagai pemimpin dunia ekonomi dan keuangan syariah. 

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar mengatakan KNKS tidak hanya berbicara mengenai kebijakan, tetapi juga mencoba untuk mensinergikan para pelaku pasar, pemain industri, para stakeholder, dan juga regulator.

KNKS telah meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Mei lalu, sekarang saatnya KNKS untuk mengimplementasikannya. 

“Dalam beberapa bulan terakhir bersama-sama dengan PT Fintek Karya Nusantara, KNKS tengah mengembangan sharia digital payment,” ungkap Afdhal pada acara Islamic Finance news (IFN) Forum Indonesia, Shangri-La Hotel, Jakarta, Selasa (27/8).  

Digital payment tidak hanya pemain kecil, tapi juga yang besar. Digital payment dapat memberikan dampak besar kepada masyarakat,” jelas Afdhal. Khususnya digital payment syariah ini bermanfaat bagi masyarakat Muslim. Sehingga masyarakat mempunyai pilihan layanan. 

Digital payment berbasis sistem syariah akan hadir di dalam platform Link Aja sebagai salah satu fitur baru. 

Pengguna Linkaja akan punya pilihan untuk masuk ke Linkaja Syariah di aplikasinya. Bedanya uangnya akan terintegrasi ke bank syariah, bukan di bank konvensional. Serta, Untuk memastikan end-to-end kesesuaian nilai syariah nya, merchants yang terintegrasi di platform ini juga akan dikurasi terlebih dahulu. 

“Kami juga berkolaborasi dengan e-commerceterbesar di Indonesia untuk terintegrasi dengan platform pembayaran digital ini. Salah satu nya dengan memunculkan segment produk halal di e-commerce tersebut, termasuk untuk produk keuangan dan investasi berbasis syariah” Jelas Afdhal.

Menurutnya, dengan digital payment syariah mendorong market share keuangan syariah untuk bisa lebih besar lagi yaitu dengan masuk ke berbagai kegiatan ekonomi dan gaya hidup masyarakat Indonesia. 

“Teknologi sekarang masuk ke dalam keseharian kita. Kita sekarang memakai jasa transportasi, beli makan, dan lainnya melalui digital payment system. KNKS ingin hadirkan digital payment system yang dikelola secara syariah untuk melayani aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia ,” Pungkas Afdhal

Penulis : Khairana Izzati dan Aldi
Redaktur Pelaksana : Achmad Iqbal

Berita Lainnya