IDEN
Dukungan Pemerintah dalam Fasilitasi Pendanaan UMKM
07 March 2023

Jakarta, KNEKS – Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkesempatan hadir menjadi salah satu narasumber dalam agenda Webinar “Akselerasi Keuangan Syariah Ekonomi Kreatif & Pariwisata (AKSES) 2023” yang dilakukan secara daring, Senin (6/3). Kegiatan ini merupakan serangkaian agenda AKSES 2023 yang merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf RI, KNEKS, Disparekraf DKI Jakarta, Dinas PPUKM DKI Jakarta dan LBS urun dana.

Tujuan kegiatan Webinar ini yaitu sebagai bentuk sosialisasi Program AKSES 2023 kepada pelaku usaha maupun masyarakat meliputi kegiatan bootcamp kemudian dilanjutkan dengan mentoring serta diakhiri dengan Sharia Pitching Forum serta listing di platform LBS Urun Dana. Diharapkan dengan program ini pembiayaan ke UKM meningkat, kapasitas meningkat, aset meningkat, omzet meningkat, dan UKM akhirnya bisa naik kelas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkesempatan hadir dalam agenda Webinar ini dan menyampaikan bahwa pelaku usaha kecil maupun menengah berperan penting pada perkembangan ekonomi suatu negara. “Sektor ekonomi kreatif Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi masa depan dan merupakan ekonomi terbarukan. Pada tahun 2022 ekonomi kreatif tumbuh secara signifikan dan menjadi pandemic winners dimana nilai tambahnya mencapai Rp 1.300 triliun atau sekitar 7,4% PDB nasional,” jelasnya.

Namun di balik peran dan kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia, sektor ini masih sulit mendapatkan akses permodalan, sehingga ada keterhambatan untuk mereka dalam mengembangkan usahanya atau belum mampu naik kelas. “Kita turut bersyukur dengan terbitnya POJK 57/2020 tentang Layanan Urun Dana atau Securities Crowdfunding dapat menjadi solusi yang tepat untuk berbagai jenis UMKM dalam meningkatkan kesempatan mereka mendapatkan pendanaan,” ujar Rizki Handayani, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf.

Dalam mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergi antara kementerian/lembaga dan industri jasa keuangan syariah dalam upaya membantu fasilitas pendanaan bagi UMKM. “Kami (KNEKS) berdasarkan arahan Wapres bahwasanya Kemenkop UKM dan Kemenparekraf serta Kementerian atau Lembaga terkait agar meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan pendanaan bisnis (business matching) UMKM dengan Lembaga Keuangan Syariah, salah satunya program AKSES ini” ujar Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis Kewirausahaan Syariah KNEKS.

AKSES merupakan kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk KNEKS untuk menghadirkan program akselerasi bisnis UMKM melalui mekanisme securites crowdfunding dalam meningkatkan kinerja pelaku UMKM agar bisa naik kelas.

Penulis: Insan Nadhif Ramadhan, Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya