IDEN
Peluncuran Saham UKM Produk Halal D’MAMAM Binaan Kemenparakraf
23 January 2023

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah menghadiri Launching Listing Saham PT. D’Mamam Sehatin Indonesia (D’MAMAM) melalui layanan securities crowdfunding (SCF) LBS Urun Dana. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berlangsung di Gedung Sapta Persona, Jakarta, Jumat (20/01). D’MAMAM merupakan salah satu finalis Kegiatan Islamic Creative Economy Founders Fund (ICEFF) 2022 dan telah berhasil mendapatkan pendanaan sebesar Rp 1,4 Miliar. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkesempatan hadir secara daring dan menyampaikan kebanggannya karena salah satu binaan unggulannya D’MAMAM bisa melakukan IPO saham SCF Syariah. “Kami mendorong masyarakat agar mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi secara nyata terhadap usaha kecil menengah dengan secara langsung membeli saham D’mamam melalui LBS urun dana,” jelasnya. 

ICEFF merupakan program Kemenparekraf/Baparekraf yang mempertemukan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya industri halal di subsektor kuliner, kriya, aplikasi, dan modest fashion untuk mendapatkan dukungan pendanaan dari lembaga keuangan dan pemodal dalam mengembangkan bisnis. “Kemenparekraf berkomitmen mendukung akselerasi industri halal melalui program ICEFF, perlu peran pemerintah dalam mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan produk dan jasa halalnya,” ujar Anggara Hayun, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf. 

Dalam hal ini KNEKS juga turut serta dalam pelaksanaan ICEFF sebagai bagian dari Program Prioritas Sinergi Akselerasi Pengembangan Industri Halal pilar Pembiayaan/Pendanaan Syariah Terintegrasi. “Wakil Presiden selaku Ketua Harian KNEKS memberikan arahan kepada Kementerian/Lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan Business Matching Pembiayaan/Pendanaan Syariah, salah satu diantaranya melalui pelaksanaan ICEFF. Harapannya Jumlah UMKM dan Nilai Pembiayaan/Pendanaan syariah yang disalurkan semakin meningkat dari tahun sebelumnya,” jelas Achmad Iqbal, Deputi Direktur Kemitraan dan Akselerasi Usaha Syariah KNEKS. 

D’MAMAM sendiri merupakan homemade frozen food sehat untuk balita, yang telah memiliki izin edar BPOM RI MD dan Halal LPPOM MUI yang dibuat tanpa MSG, tanpa pengawet, dengan bahan-bahan sama berkualitasnya seperti yang ada di dapur.

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya