IDEN
Ekonomi Syariah Indonesia di Dubai Expo
30 Desember 2021

Dubai, KNEKS - Dalam mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi syariah global, Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNEKS) bersama dengan para pemangku kepentingan mengadakan tiga seminar di Indonesia Pavilion, dalam acara Dubai Expo 2020.

Adapun di kegiatan pertama, KNEKS bekerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan menyelenggarakan acara yang mengangkat tema Inclusive Employment Through Sharia Economy. Kegiatan ini diadakan pada Senin (20/12) dan dihadiri oleh dua pembicara yakni Nora Kartika Setyaningrum selaku Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Ketenagakerjaan dan Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastuktur Ekosistem Syariah KNEKS.

Kemudian pada 21 Desember 2021, diselenggarakan 2 sesi seminar, yang pertama berjudul Research dan Education yang dibuka dengan opening speech dari Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Kementrian Keuangan Wempi Saputra secara online. Seminar sesi satu menghadirkan dua pembicara yang hadir secara lansung, yaitu Direktur Infrastuktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat dan Wakil Ketua Umum VI Pengembangan Pendidikan dan Riset Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Irfan Syauqi Beik.

Pada sesi kedua, seminar dibuka melalui opening speech secara langsung oleh H.E Husin Bagis, Duta Besar Republik Indonesia untuk Persatuan Emirat Arab dengan dua pembicara yang hadir lansung yakni Sutan Emir Hidayat Direktur Infrastuktur Ekosistem Syariah KNEKS dan Irfan Syauqi Beik selaku Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI). Seminar kedua ini mengangkat tema Indonesia Islamic Finance.

Acara ini dihadiri secara luring oleh Kementrian Keuangan Uni Emirat Arab, Mariam Alamiri, Perwakilan dari Dubai Internatinal Finance Centre (DIFC), Perwakilan Bank Syariah Indonesia Branch di Dubai, Investor, Akademisi dan juga Diaspora Indonesia di Uni Emirat Arab. Adapun masyarakat Indonesia juga turut hadir secara online melalui Youtube akun Kementerian Keuangan.

Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini dapat meningkatkan literasi terkait potensi, perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menarik investor untuk berinvestasi di Indonesia, serta dapat mewujudkan kerja sama di bidang Pendidikan & Penelitian.

Dubai Expo 2020  merupakan sebuah pameran internasional untuk menyajikan pencapaian negara-negara dunia yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Acara ini semula dijadwalkan pada 20 Oktober 2020-10 April 2021. Akan tetapi, dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 di Uni Emirat Arab yang kurang baik, tanggal acara diundur menjadi 1 Oktober 2021-31 Maret 2022. 

Meski sempat tertunda, penyelenggaraan kegiatan tetap menggunakan nama Dubai Expo 2020 untuk keperluan pemasaran dan branding. Dalam acara Dubai Expo 2020 ini, Indonesia berpartisipasi melalui Pavillion Indonesia yang di dalamnya terdiri dari tiga sektor utama, yakni sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Penulis: Siti Hawarina, Lutfia Amelia
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya