IDEN
Belajar Ekonomi Syariah, Unida Gontor Kunjungi KNEKS dan Bappenas
12 March 2020

Jakarta, KNEKS – Delegasi Mahasiswa/i Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor (Unida Gontor) secara bergantian melakukan kunjungan lapangan dalam rangka studi akademik pada 5 Maret di KNEKS dan 6 Maret 2020 di Bappenas.

Kunjungan hari pertama yang dilakukan oleh Mahasiswi Unida Gontor ini disambut baik oleh Kepala Divisi Pembayaran Digital dan E-commerce Halal Umar Adityawarman dan Analis Kebijakan Divisi Pendidikan dan Pengembangan SDM Sudarmawan Samidi.Umar menjelaskan tentang Arah Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah dengan Dukungan SDM Unggul.

Dalam kesempatan selanjutnya Bappenas yang diwakilkan oleh Amich Alhumami menyampaikan Arah Kebijakan Pembangunan Pendidikan di dalam RPJMN 2020-2024. “SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi salah satu kebijakan prioritas yang telah tertuang didalam RPPJMN 2020-2024”, ujar Direktur Pendidikan dan Agama.

Amich mengatakan bahwa proporsi penduduk Indonesia yang berpendidikan tinggi masih sedikit. Mayoritas penduduk Indonesia mengenyam pendidikan hanya sampai SMP/Sederajat. Hal ini berdampak terhadap rendahnya produktifitas tenaga kerja Indonesia yang masih kalah dari negara-negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Oleh karena itu, salah satu langkah konkrit pemerintah adalah meningkatkan pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kerjasama industri. Begitu juga dengan kualitas perguruan tinggi perlu ditingkatkan terutama integasi revolusi industri 4.0.

Pembahasan yang serupa terkait peran SDM juga disampaikan oleh Sudarmawan mewakili KNEKS dalam menerima kunjungan studi akademik Mahasiswa Unida Gontor pada 6 Maret yang dilakukan di Gedung Bappenas.

Pada kesempatan tersebut, Sudarmawan menyampaikan besarnya potensi halal di Indonesia yang didukung oleh jumlah mayoritas muslim terbesar di dunia sehingga dapat berimplikasi terhadap peningkatan konsumsi produk-produk halal. Namun Indonesia belum menjadi pemain utama sebagai produsen produk-produk halal. Peran SDM dalam hal ini sangat vital. "Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah memasukkan program bimbingan teknis UMKM halal dalam program KKN-T Ekonomi Syariah", jelas Sudarmawan.

Dalam kesempatan ini juga hadir Direktur Jasa Keuangan dan BUMN Bappenas Onny Noyorono yang juga merupakan Sekretaris Manajemen Eksekutif KNEKS. Mahasiswa dan mahasiswi Unida Gontor sangat antusias menerima materi-materi yang disampaikan oleh KNEKS dan Bappenas. Kunjungan akademik ini dilakukan mahasiswa/i untuk belajar tentang ekonomi syariah dan mendapatkan pengalaman mengunjungi instansi/Lembaga.

Penulis: Sandika dan Annisa Permata
Redaktur Pelaksana: Achamd Iqbal

Berita Lainnya