IDEN
BP Tapera Menghadirkan Pembiayaan Rumah Berprinsip Syariah
28 Desember 2021

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) sebagai badan hukum publik yang dibentuk berdasarkan Undang-undang memiliki visi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mendapatkan rumah yang layak huni melalui pembiayaan terjangkau. BP Tapera menghadirkan Tapera Syariah untuk berkomitmen menjadi solusi yang menarik bagi peserta untuk mendapat pembiayaan rumah yang lebih terjangkau serta pengelolaan dana yang optimal berdasarkan prinsip Syariah.

Tapera Syariah pada dasarnya adalah model bisnis BP Tapera berbasis syariah, di mana penyimpanan yang dilakukan oleh peserta secara periodik dalam jangka waktu tertentu dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan perumahan dan/atau dikembalikan berikut hasil pemupukannya setelah kepesertaan berakhir berpedoman pada aturan Syariah. Pengelolaan dana Tapera Syariah secara end-to-end memerhatikan pemenuhan prinsip-prinsip Syariah seperti tidak mengandung unsur maishir, gharar, dan riba. Perserta Tapera akan mendapatkan imbal hasil secara terbuka dan optimal yang dapat terus dipantau secara digital melalui Portal Kepesertaan di sitara.tapera.go.id.

Peserta Tapera Syariah dapat memilih berbagai akad pemanfaatan pembiayaan rumah. Dalam pemanfaatannya, Peserta Tapera Syariah dapat memilih akad yang dikehendaki serta tenor waktu dan angsuran yang dapat disesuaikan oleh kondisi peserta. Tapera menawarkan berbagai skema pilihan akad pembiayaan rumah, yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR), dan Kredit Renovasi Rumah (KRR). Peserta Tapera yang terdaftar sebagai peserta konvensional dapat memanfaatkan Tapera Syariah dengan syarat tabungan perumahan harus dipindahalihkan ke model prinsip syariah.

Tapera Syariah berkomitmen untuk mendukung dan menjadi tempat bagi masyarakat untuk memilih pengelolaan dana dan pembiayaan berprinsip syariah dengan gotong royong, berkeadilan, transparan, aman, serta halal. Tapera Syariah diharapkan dapat mewujudkan pengembangan Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi Syariah Dunia dan menjadi proyek strategis keuangan Syariah yang menjadi bagian dari penopang ekosistem ekonomi Syariah.

Penulis: Raihan Aulia Firdausi, Ziyan Muhammad Farhan
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya