IDEN
Edukasi Nigeria, Manuver KNKS Jadikan Ekonomi Syariah Indonesia Nomor 1 di Dunia
06 December 2019

JAKARTA, KNKS - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) terus melakukan inisiatif untuk membuat ekonomi dan keuangan syariah Indonesia menjadi yang terbaik di dunia.

Kepala Divisi Keuangan Inklusif Syariah KNKS, Jamil Abbas menungkapkan, KNKS melakukan kunjungan ke Sokoto, Nigeria, pekan lalu untuk memberikan edukasi keuangan mikro syariah. Hal ini bisa dikatakan sebagai bentuk promosi untuk mendorong posisi Indonesia menuju pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

Dari sudut padang kepentingan bangsa dan negara, KNKS mempromosikan ilmu keuangan mikro syariah khas Indonesia kepada Nigeria, wilayah Sokoto yang juga didominasi Muslim dalam konteks kemanusiaan. Terlebih Sokoto merupakan daerah miskin sehingga ilmu keuangan mikro syariah sangat penting.

“Jadi dalam konteks kepedulian kemanusiaan. Kemudian dalam hal ini juga untuk memperkuat posisi Indonesia. Sebagaimana kehendak Presiden RI menjadikan pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia,” ujarnya menegaskan, Senin (2/12).

Demi mencapai tujuan tersebut, Indonesia perlu melakukan beragam cara. Salah satunya dengan memanfaatkan pengetahuan ekonomi dan keuangan syariah yang dimiliki Indonesia untuk dikenalkan ke mancanegara.

Selain memberikan edukasi, KNKS di sana juga mengekplorasi kemungkinan melakukan kerja sama perdagangan usaha antara Indonesia dan Nigeria terutama bagian Sokoto. KNKS juga mengunjungi Kamar Dagang milik Nigeria yang sudah mempromosikan industri halal.

Namun, belum ada kerja sama yang terjalin saat KNKS melakukan kunjungan, karena ini kali pertama KNKS datang ke Nigeria. Tidak menutup kemungkinan ke depan kerja sama akan terjalin.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman, Achi Hartoyo
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya