IDEN
Brand Ekonomi Syariah sebagai Penyatu Langkah Ekonomi Syariah Indonesia
23 Juli 2021

Dalam rangka meningkatkan literasi ekonomi syariah di masyarakat, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Sayembara Brand Ekonomi Syariah di Desember 2020. Sayembara ini dilakukan untuk mendapatkan satu logo yang akan merepresentasikan ekonomi syariah Indonesia dengan pemenuhan karakter 8K (Kesejahteraan, Kesetaraan, Kepedulian, Keberpihakan, Kenyamanan, Kebanggaan, Karakter, dan Kolaborasi).

Setelah melalui tahapan seleksi ketat, dari 870 karya oleh 780 peserta terpilihlah satu karya terbaik atas nama Marwan Chandra Nugroho dari Yogyakarta. Penganugerahan pemenang Sayembara Brand Ekonomi Syariah dilaksanakan oleh KNEKS dan BI melalui platform daring pada Rabu 2 Februari 2021.

Kemudian pada Senin 25 Januari 2021, Brand Ekonomi Syariah secara resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Ketua KNEKS. Presiden mengatakan Brand Ekonomi Syariah berperan penting dalam meningkatkan awareness masyarakat sebagai dukungan atas seluruh kegiatan ekonomi syariah di Indonesia.

Adapun tujuan dari Brand Ekonomi Syariah adalah untuk mempersatukan langkah seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Mengangkat tagline “Kebaikan Untuk Semua”, Brand Ekonomi Syariah menjadi logo atau simbol milik negara yang dapat digunakan untuk menyatukan kebersamaan dalam seluruh kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Selain itu, brand ini dapat memperkuat positioning ekonomi syariah Indonesia di dunia. Oleh karena itu, Brand Ekonomi Syariah menjadi inisiatif strategis dalam mempercepat pengembangan ekonomi syariah dalam rangka mendukung pencapaian visi Indonesia sebagai pusat syariah dunia. 

Dalam acara peluncuran turut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendampingi Presiden di Istana Negara secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Peluncuran ini juga dihadiri secara daring oleh para menteri dan kepala lembaga negara, gubernur, serta pemangku kepentingan terkait.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga bertindak selaku Ketua Harian KNEKS menyampaikan bahwa Brand Ekonomi Syariah digunakan untuk peningkatan literasi, edukasi, serta sosialisasi ekonomi dan keuangan syariah yang masif dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan masyarakat akan ekonomi dan keuangan syariah.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani selaku Sekretaris KNEKS menyampaikan bahwa peresmian Brand Ekonomi Syariah merupakan inisiasi dari KNEKS sebagai salah satu upaya menjawab tantangan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Brand Ekonomi Syariah dapat digunakan seluruh kementerian dan lembaga serta para stakeholder yang bergerak di dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah pada setiap produk, program, kegiatan, maupun kampanye yang dilakukan.

Penulis: Ishmah Qurratu'ain
Redaktur Pelaksana: Inza Putra

Berita Lainnya