IDEN
Sinergikan Sertifikasi Halal di Indonesia, KNKS Kunjungi LPPOM MUI
02 August 2019

JAKARTA, KNKS – Direktur Direktorat Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar, bertemu dengan Lukmanul Hakim, Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Bogor (2/8/2019).

Pertemuan tersebut perwujudan koordinasi KNKS dengan lembaga yang sudah berperan selama lebih dari 30 tahun dalam mengembangkan industri halal di Indonesia. "Sesuai dengan fungsinya, KNKS melakukan koordinasi pembangunan hubungan kerja antar pemangku kepentingan terkait di bidang ekonomi syariah dalam negeri," ujar Afdhal yang didampingi oleh Kepala Divisi Sertifikasi KNKS, Ni Putu Desinthya. 

Afdhal kembali menyampaikan strategi utama KNKS yaitu penguatan rantai nilai halal (Halal Value Chain) di Indonesia.

 “Salah satu tujuan kami adalah menciptakan ekosistem industri halal. Dimana, standarisasi proses sertifikasi halal merupakan kebutuhan fundamental yang harus dipenuhi. Salah satu langkahnya adalah dengan menjaga sinergi antar lembaga terkait di industri halal ini”, tutur Afdhal

Selain itu, Afdhal juga menyampaikan salah satu inisiatif KNKS dalam penguatan ekonomi digital melalui marketplace halal. Afdhal menjelaskan KNKS bekerja sama dengan e-commerce unicorn (Bukalapak dan Tokopedia) untuk menghadirkan ‘Halal Center’ di platform marketplace mereka. 

“Komitmen kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui hadirnya marketplace halalMarketplace halal ini bisa mempromosikan produk-produk bersertifikat halal, membantu pembentukan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), serta bisa juga membina para UMKM untuk melakukan proses sertifikasi halal terhadap produknya, ” jelas Afdhal

Penulis: Khairana Izzati
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya