IDEN
Upaya Transformasi Digital Bank Syariah Bersama Finastra
11 August 2023

Jakarta, KNEKS -  Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mengadakan diskusi dengan Finastra, Global Financial Software Company terkait transformasi digital Lembaga Keuangan Syariah Global dan Indonesia yang berlangsung pada Rabu (9/8) di Kantor KNEKS Gedung Djuanda II, Lantai 17. 

Agenda ini dihadiri oleh perwakilan dari Finastra, Samir Safa selaku Strategic Advisory Practice, Global Industry Leader. Dari KNKES hadir Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastruktur dan Ekosistem Syariah KNEKS dan Ginanjar Dewandaru selaku Kepala Divisi Riset Ekonomi Syariah. 

Pada diskusi tersebut Samir Safa menyampaikan bahwa pihaknya sangat antusis untuk mengembangkan digitalisasi dalam membantu bank-bank syariah di Indonesia agar dapat termotivasi dalam mengembangkan ekosistem keuangan syariah berbasis teknologi modern.  

Ia juga menyinggung tiga hal penting yang harus diperhatikan, “Kita perlu membangun kesadaran masyarakat dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip syariah, dan selaras dengan sistem regulasi yang berlaku.”  

Sutan Emir menyampaikan bahwa KNEKS menyambut baik tujuan kedatangannya dan berharap hal ini dapat membantu menguatkan ekosistem keuangan syariah di Indonesia. Ginanjar Dewandaru juga mengutarakan kesetujuannya terhadap ide tersebut.  

“Di Indonesia sendiri masih belum tersedia strategi transformasi digital pada bank syariah, maka dari itu dibutuhkan instrumen-instrumen terkait agar dapat berkompetisi di pasar,” ucapnya.  

Diharapkan KNEKS dapat menjembatani Finastra dalam menyalurkan penyediaan fitur aplikasi perangkat lunak demi transformasi digital bank syariah di Indonesia. 

Penulis: Nurul Aini, Ishmah Qurratu'ain
Redaktur Pelaksana: Inza Putra

Berita Lainnya