IDEN
Sinergi Pemangku Kepentingan Untuk Peningkatan Ekspor Produk Halal
08 November 2022

Yogyakarta, KNEKS – Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkesempatan hadir dalam agenda Talkshow “Business Matching dan Peluang Ekspor ke Malaysia” di Jogja Expo Center, Sabtu (05/11). Kegiatan ini merupakan serangkaian agenda Jogja Halal Festival (JHF) 2022 yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah (PW) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jogja Halal Festival ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya gaya hidup halal bagi setiap kalangan masyarakat terutama pelaku UMKM. “Besar harapan kami JHF 2022 dapat menjadi stimulus bagi pelaku UMKM untuk terus berkarya sebagai ajang promosi serta memperluas akses pasar UMKM agar menjadi naik kelas dan go export serta go digital”, jelas Rifat Pasha, Kepala Tim Perumusan KEKDA BI dalam sambutan nya. 

Dalam mendukung percepatan ekspor produk halal di Indonesia, KNEKS telah membentuk Kelompok Kerja Indonesia Halal Incorporated yang melibatkan dua belas Kementerian dan Lembaga yang dikoordinatori oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN), Kementerian Perdagangan. “Merupakan tugas kami dari lembaga pemerintah membantu para eksportir dengan fasilitas yang diperlukan, beberapa hal sudah kami kerjakan bersama kelompok kerja salah satunya diterbitkannya Kebijakan Strategi Percepatan Ekspor yang akan ditindaklanjuti oleh K/L”, jelas Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS. 

Diperlukan kerja sama dan dukungan pengusaha sebagai pelaku utama terkait peningkatan nilai ekspor di Indonesia. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) salah satunya. “Dalam hal ini KADIN juga fokus terhadap peningkatan ekspor, kita saat ini ada Global Halal Hub yang diprakarsai oleh Bapak Wakil Presiden untuk membantu teman-teman di UMKM menjadi eksportir, tentunya didukung oleh KNEKS lewat tim Pokja ekspor”, ujar Taufan E.N Rotorasiko,  

Dalam kesempatan yang sama dilakukan Business Matching ke pasar Malaysia untuk pelaku UMKM di gelaran JHF 2022. Turut hadir Shaikh Faleigh, Founder dari Futurist Foundation dari negara Malaysia yang memberikan cara bagaimana menjadi seorang pengusaha yang siap untuk ekspor. “Ubah pola pikir kalian menjadi lifelong learning, jangan pernah lelah untuk belajar supaya tidak ada rasa kepuasan setiap bisnis yang telah dibangun. Kerja smart menjadi hal yang penting, selalu tantang diri sendiri agar terus berkembang”, pungkas Faleigh.

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya