IDEN
Ekonomi dan Keuangan Syariah Menjadi Angin Segar Kesejahteraan Aceh
08 Agustus 2022

Banda Aceh, 8 Agustus 2022 - Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki berharap ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi angin segar untuk mengubah kondisi Aceh menjadi salah satu provinsi terkaya di Sumatera. Hal ini disampaikan dalam audiensi Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di kantor Gubernur Provinsi Aceh di Banda Aceh pada Senin (8/8). Kunjungan ini merupakan salah satu langkah untuk percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Aceh.

Pertemuan dipimpin langsung oleh Gubernur Aceh Achmad Marzuki dan dihadiri oleh pimpinan Provinsi Aceh seperti, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Aceh Amirullah, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Aceh Robby Irza, Staf Khusus Gubernur Syukri, Kepala Bappeda Aceh Teuku Dadek, serta Wakil Direktur RUSD Zainoel Abidin Abdul Fatah.

Turut hadir Kepala Sekretariat KNEKS sekaligus Staf Ahli Menteri Keuangan Wempi Saputra, Plt. Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat, Asisten Deputi Ekonomi dan Keuangan Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Luthfie, Tenaga Ahli Bidang Komunikasi Keuangan Syariah Kementerian Keuangan Indah Pertiwi Nataprawira, Direktur Pemantauan Program Kerja Sekretariat KNEKS Gandy Setiawan, para Kepala Kantor Wilayah Aceh Kementerian Keuangan,  Safuadi, Ismed Saputra,  Syukriah, serta Imanul Hakim.

Kepala Sekretariat KNEKS yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan ini juga menyampaikan bahwa Aceh merupakan kakak tertua pelopor ekonomi dan keuangan syariah. Sebagai kakak sulung, Provinsi Aceh patut menjadi daerah percontohan. Hal ini dikarenakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Aceh sangat baik dan komprehensif.

Taufik Hidayat selaku Plt. Direktur Eksekutif KNEKS menambahkan pernyataan Kepala Sekretariat KNEKS bahwa prestasi Aceh juga sangat menggembirakan. Hal ini terlihat dari status Aceh sebagai Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2022 sekaligus menjadi Juara 1 Kategori Keuangan Syariah, Juara 1 Kategori Industri Halal, dan Juara 2 Kategori Pendidikan Ekonomi Syariah

Taufik kemudian menuturkan bahwa KNEKS telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan berbagai jajaran untuk melakukan berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Aceh. Agar ekonomi dan keuangan syariah dapat berkembang lebih baik lagi, dibutuhkan komitmen seluruh pihak terkait untuk bergerak lebih cepat dalam sinergi yang kompak.

Kegiatan audiensi dilakukan sebagai tindak lanjut akselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di daerah sebagaimana disampaikan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam Rapat Pleno KNEKS pada Mei 2022 yang mengambil tema “Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia”.

Hal-hal strategis yang dibahas dalam pertemuan ini diantaranya:

  1. Diskusi rencana pembangunan RSUD Zainoel Abidin melalui skema KPBU Syariah serta potensinya untuk menjadi Rumah Sakit regional, bahkan internasional.
  2. Pasca peluncuran layanan Syariah BP Jamsostek, perlu ditingkatkan peran perusahaan-perusahaan pemberi kerja dalam mendaftarkan pegawainya sebagai peserta Layanan Syariah Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsosnaker).
  3. Pelatihan, sertifikasi, dan pelatihan Dewan Pengawas Syariah (DPS) Koperasi Syariah, serta perluasan penerapan digitalisasi Industri Keuangan Mikro Syariah (IKMS).
  4. Perlunya dibangun infrastruktur penunjang bisnis dalam meyakinkan investor untuk pengembangan bisnis di Aceh, seperti Pelabuhan dan bandara penunjang yang terintegrasi.
  5. Peningkatan kapabilitas produk dan layanan bank syariah untuk memenuhi kebutuhan transaksi dalam rangka Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Aceh penyelenggaraan PON di Aceh.

***

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Inza Putra - Kepala Divisi Promosi dan Kerja Sama Strategis
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)
Gedung Permata Kuningan Lantai PH
Jl. Kuningan Mulia kav. 9C, Jakarta 12830
Telepon: (021) 80683349  |  Email: inza.putra@kneks.go.id  |  www.kneks.go.id

Berita Lainnya